Sukses

Film Biopik Ali Sadikin, Bang Ali: The Movie Siap Diproduksi Tahun 2020

Kisah hidup Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta periode 1966-1977, akan segera diangkat dalam film Bang Ali: The Movie.

Liputan6.com, Jakarta - Film biopik tokoh Indonesia tak lama lagi akan bertambah dengan kisah hidup Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta periode 1966-1977. Film berjudul Bang Ali: The Movie ini, rencananya akan segera diproduksi untuk dirilis tahun 2020.

Produser film Bang Ali: The Movie, FX Rudy Gunawan, menyampaikan hal tersebut di hadapan para wartawan pada beberapa waktu lalu.

"Kami telah mendapat restu dari Boy Sadikin (putra sulung Ali Sadikin) untuk memproduksi film biopic Bang Ali," kata Rudy yang merupakan salah satu dari sekian produser Bang Ali: The Movie mengutip siaran pers. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Restu Putra Ali Sadikin

Boy Sadikin didampingi Happy Harinto, sempat mewakili keluarga besar Ali Sadikin untuk menyampaikan restunya. Ia mengutarakannya dalam pertemuan dengan tim produser beberapa waktu sebelumnya.

FX Rudy Gunawan hadir ditemani dua produser lainnya, Ody Mulya Hidayat dan Imran Hasibuan, dalam pertemuan hangat itu.

3 dari 6 halaman

Sudah Casting

Kembali pada pernyataan kepada para wartawan, Imran Hasibuan menegaskan bahwa proses produksi Bang Ali: The Movie bisa dimulai awal tahun ini setelah sutradara dan para pemain sudah ditetapkan.

"Kita akan segera melakukan casting pemeran. Sudah ada beberapa aktor yang kita bidik untuk memerankan karakter Ali Sadikin. Juga sutradara sudah ada beberapa kandidat yang kita jagokan," terang Imran Hasibuan.

4 dari 6 halaman

Yakin Sukses

Pada kesempatan yang sama, para produser yakin bahwa film ini bakal mendulang kesuksesan. Pasalnya, nama besar dan karya bakti Ali Sadikin hingga kini masih dikenang dan dibicarakan banyak orang.

Ditambah lagi, perjalanan hidup Ali Sadikin bisa dibilang sangat berwarna dan layak diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Masyarakat pun bisa kembali mengenang sosok Ali Sadikin, terutama bagi generasi milenial.

Fokus utama film Bang Ali: The Movie menyorot kisah Ali Sadikin yang akrab disapa Bang Ali saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan segala dinamikanya.

Sebuah film biopik pun rasanya kurang bila tak membahas kisah cinta. Film ini juga akan menggambarkan romansa percintaan Bang Ali dengan Nani Sadikin hingga kehidupan rumah tangga serta anak-anaknya.

5 dari 6 halaman

Kisah Cinta

Tak hanya mendapat restu dari keluarga. Film Bang Ali: The Movie pun mendapat dukungan dari Rina Ciputra, putri sulung dari sahabat Ali Sadikin, pengusaha properti Ir. Ciputra.

"Hubungan Pak Ali Sadikin dengan ayah saya, Ir. Ciputra, memang sangat dekat. Baik dalam hubungan kerja maupun personal. Mereka saling menghormati dan menghargai," kata Rina Ciputra saat menerima audiensi tim produksi film Bang Ali: The Movie.

Selain itu, Rina Ciputra juga menyampaikan harapan terhadap film ini. Ia berharap agar bisa menarik minat kaum milenial.

6 dari 6 halaman

Jasa Ali Sadikin

Bung Karno pun pernah mengatakan, "Ali Sadikin orang keras". Barangkali hal itulah yang menjadikan Bang Ali diangkat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hingga hari ini, Ali Sadikin diakui sebagai peletak dasar pembangunan Jakarta hingga menjadi kota modern dan beradab.

Di bawah pimpinannya sejak April 1966, berbagai hal di Jakarta yang tengah semrawut mulai dibenahi. Sebut saja penegakan hukum, penataan pertokoan dan permukiman, pelebaran jalan, daerah bebas becak, pedagang kaki lima dibuatkan pasar-pasar inpres, serta menertibkan lalu lintas.

Ditambah lagi, fasilitas hiburan mewah seperti bar, panti pijat, dan kasino diarahkan dengan pajak yang tinggi agar dapat mengisi kas pemerintah daerah. Bang Ali juga membangun masjid, gereja, puskesmas, sekolah, di samping gedung tinggi.

Dalam hal budaya, ia telah mendirikan Taman Ismail Marzuki dan para pemuda pun ia buatkan gelanggang remaja. Stasiun, terminal bis, serta pasar pun didirikannya dengan jumlah banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini