Sukses

Akui Melakukan Pelecehan Seksual, 4 Aktor K-Pop Ini Kehilangan Pekerjaan

Liputan6.com, Seoul - Gemerlap dunia hiburan K-Pop ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Tersimpan banyak sisi kelam yang tidak banyak diketahui orang.

Secara mengejutkan, beberapa aktor Korea Selatan terlibat kasus pelecehan seksual secara berturut-turut. Para bintang K-Pop ini berusia di atas 50 tahun.

Bahkan di antara mereka, ada yang juga berprofesi sebagai dosen. Sebagian besar bintang K-Pop ini telah mengakui perbuatannya.

Siapa saja mereka? Bagaimana nasib karier mereka kini? Simak ulasannya berikut ini.

 

1 dari 6 halaman

1. Jo Min Ki

Jo Min Ki yang diketahui adalah dosen di Universitas Cheongju diduga melakukan pelecehan seksual setelah seseorang menuliskan cerita di salah satu komunitas online pada 20 Februari 2018 lalu. Namun tak lama kemudian tulisan itu dihapus.

Dilansir dari Soompi baru-baru ini, setelah menjalani penyelidikan, Jo Min Ki dinyatakan bersalah. Akibat perbuatannya, aktor berusia 52 tahun itu dicopot dari jabatannya sebagai dosen.

Tidak hanya itu, Jo Min Ki juga dikeluarkan dari drama Children of the Small God yang tengah dibintanginya. Aktor Lee Jae Yong kabarnya menggantikan peran Jo Min Ki di drama tersebut.

"Tim produksi sedang berusaha keras menghadapi situasi ini. Kami berencana untuk membuat Lee Jae Yong bergabung dan berperan sebagai Gook Han Joo sejak minggu ini," ujar salah seorang perwakilan produksi. Children of the Small God sendiri baru mulai tayang pada 3 Maret 2018 mendatang.

 

2 dari 6 halaman

2. Jo Jae Hyun

Aktor selanjutnya yang juga diduga melakukan pelecehan seksual yakni Jo Jae Hyun. Sama seperti Jo Min Ki, Jo Jae Hyun diketahui berstatus sebagai dosen di Universitas Kyungsung.

Dilansir dari Soompi, Sabtu (24/2/2018), Jo Jae Hyun memberikan pernyataan resmi terkait kabar ini. Aktor berusia 52 tahun itu mengakui perbuatannya.

"Selama 30 tahun berkarier, aku membuat banyak kesalahan... Aku benar-benar meminta maaf kepada korban yang sudah sangat terluka. Aku tidak akan menghindarinya. Aku sangat malu dan menyesal," ungkapnya.

Setelah pernyataan itu muncul, Jo Jae Hyun kabarnya mengundurkan diri sebagai dosen di Universitas Kyungsung. Jo Jae Hyun rencananya juga akan didepak dari drama Cross yang tengah dibintanginya.

Ia juga akan mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif DMZ International Documentary Film Festival yang sudah dijabatnya sejak 2009 lalu.

 

3 dari 6 halaman

3. Choi Il Hwa

Selanjutnya adalah Choi Il Hwa. Aktor berusia 58 tahun itu terbukti melakukan pelecehan seksual pada seorang juniornya sekitar 25 tahun lalu. Ia bahkan disebut-sebut juga memperkosa korbannya.

Setelah pelecehan itu, korban takut dan trauma untuk meneruskan kariernya sebagai aktris. "Aku baru saja jadi aktris, bermain sebagai pemeran utama dan aku harus meninggalkan industri ini," kata wanita itu.

Dilansir dari Soompi, Minggu (25/2/2018), Choi Il Hwa mengakui kesalahannya. "Memang sudah terlambat tapi aku benar-benar ingin minta maaf. Aku tidak ingin jadi pengecut dan menghindar. Mungkin ini tidak akan menyembuhkan rasa sakit hati mereka, tapi aku akan introspeksi diri dan menerima proses hukum," ungkapnya.

Akibat perbuatannya, Choi Il Hwa didepak dari perannya di drama Hold Me Tight. Ia juga dicopot dari jabatannya di dewan direksi Asosiasi Aktor Korea serta posisinya sebagai penasihat akademis Universitas Sejong.

 

4 dari 6 halaman

4. Han Myung Goo

Satu lagi aktor Korea yang terseret kasus pelecehan seksual yakni Han Myung Goo. Dalam sebuah tulisan yang diunggah di galeri DC Inside's Play and Musical, mengungkapkan beberapa tuduhan terhadap Han Myung Goo.

Mereka menuliskan inisial nama Han Myung Goo. "Dia akan tidur di rumah murid perempuannya dan secara teratur akan melakukan tindakan pelecehan seksual seperti mencium mereka secara paksa".

Minggu (25/2/2018), pria 57 tahun ini mengakui perbuatannya dan menyatakan permohonan maafnya. "Aku benar-benar meminta maaf pada murid-murid yang tersakiti. Dari lubuk hatiku, aku meminta maaf kepada universitas dan murid-murid yang telah terkejut oleh tindakanku yang keliru," ungkapnya.

Dilansir dari Soompi, Han Myung Goo dikeluarkan dari posisinya sebagai dosen dan sejumlah proyek pekerjaan.

5 dari 6 halaman

Saksikan video berikut ini

Artikel Selanjutnya
Fans K-Pop Garis Keras Rela Rogoh Kocek Demi Beli 8 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
5 Grup K-Pop Terpopuler di Kalangan Pengguna Spotify Indonesia