Sukses

Terkuak, Fakta Soal Video Kesurupan Kala Nonton The Conjuring 2

Liputan6.com, Jakarta Demam The Conjuring 2, nampaknya masih terus berlangsung di Indonesia. Diskusi maupun meme film ini, ramai bertebaran di media sosial.

Belakangan, tak hanya meme tentang Valak The Conjuring 2 yang jadi viral, namun juga sebuah video terkait film ini yang mungkin akan membuat sejumlah orang bergidik.

Bukan salah netizen menjadikan Valak sebagai meme, pasalnya dia memang layak, sih. Kenapa begitu? (Via: pilotmovie.com)

 

Video yang berdurasi kurang dari satu menit tersebut memperlihatkan keributan yang terjadi di bangku belakang sebuah studio di bioskop. Orang-orang dalam video terlihat berdiri kebingungan, dan sebagian terdengar seperti berdoa dan melantunkan ayat Alquran.

Tak hanya itu, tampak seorang wanita berbaju biru yang dipegangi sejumlah orang. Suara mendesis dan menggeram keluar dari mulut perempuan ini. Di bagian akhir video, perempuan itu bahkan melepaskan teriakan yang liar, membuat sejumlah orang dalam film ini makin mengeraskan bacaan doanya.

Ada banyak klaim yang muncul atas peristiwa ini. Ada yang menyebut bahwa peristiwa ini terjadi di Malaysia, namun ada pula yang menyebut TKP-nya berada di Malang, Jawa Timur. Namun satu hal yang seragam disebut, adalah bahwa perempuan ini kesurupan gara-gara nonton The Conjuring 2.

Benarkah hal tersebut?

Video viral yang sempat diklaim sebagai kejadian kesurupan pasca menonton The Conjuring 2, ternyata berasal dari tahun 2013. (Metrowealth Pictures/YouTube)

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, dapat dipastikan bahwa video ini sama sekali tak ada hubungannya dengan The Conjuring 2.

Pasalnya, penggalan video yang menampilkan orang-orang yang sama, dalam latar dan kondisi yang serupa, telah beredar cukup lama, setidaknya dari bulan November 2013. Salah satu pihak yang mengunggah video ini, adalah akun YouTube dan Facebook milik Metrowealth Pictures, perusahaan film asal Malaysia.

Informasi yang disebutkan dalam unggahan ini, adalah peristiwa kerasukan ini terjadi di Brunei, saat pemutaran film yang mereka produksi, Highland Tower. Seperti The Conjuring 2, Highland Tower adalah sebuah film horor yang memiliki kaitan dengan peristiwa nyata.

Film ini, bercerita tentang sekelompok pemuda-pemudi yang memasuki Highland Towers. Ini adalah gedung apartemen di Selangor, Malaysia, yang mengalami keruntuhan tiba-tiba pada tahun 1993 dan menewaskan 48 orang yang berada di dalamnya.

Loading