Sukses

Banyak Simbol Illuminati di Minions?

Liputan6.com, Jakarta PERINGATAN: SPOILER ALERT! Artikel ini membincangkan adegan-adegan kunci film Minions.

Sudah nonton film Minions? Anda terpingkal-pingkal dibuatnya? Apa Anda mengoleksi boneka action figure-nya yang dirilis sebuah resoran cepat saji? Hm, tapi tahukah Anda kalau di film tersebut bertebaran simbol-simbol Illuminati?

Oke, baiknya kita sama-sama pahami dulu apa itu Illuminati. Penyuka teori konspirasi Tata Dunia Baru (New World Order) pasti tak asing dengan kata itu. Illuminati, New World Order sering ditulis dalam satu tarikan nafas dengan Freemason, One Eye, Dajjal, Lucifer, atau semacam itu.

Illuminati, organisasi rahasia ini mempunyai beberapa simbol. Apa saja?

Menurut teori tersebut, sejak dulu hingga saat ini ada pemerintah rahasia (bayangan) yang menyetir setiap aspek kehidupan kita dari mulai politik, ekonomi dan bisnis hingga budaya. Pemerintahan bayangan ini tujuannya membangun sebuah pemerintahan otoriter dalam sebuah tata dunia baru sesuai kehendak mereka.

Nah, Illuminati adalah sebutan bagi kelompok rahasia yang mengamalkan kepercayaan New World Order tersebut. Akarnya bisa ditelusuri hingga zaman pencerahan di Jerman. Sebuah kelompok rahasia Illuminati Bavaria didirikan pada abad ke-18.

Adegan piramida di Minions.

Baca juga: Wawancara dengan Kevin, Stuart dan Bob Minions

Sejumlah orang terkenal, mulai dari presiden, aktor Hollywood, hingga penyanyi kerap disebut sebagai Illuminati. Semuanya lantaran orang-orang tersebut kerap menyajikan simbol-simbol Illuminati dalam karya atau keseharian mereka.

Simbol-simbol Illuminati biasanya tersembunyi di balik karya. Dalam sebuah videoklip, misalnya, para penyuka teori konspirasi harus meneliti dengan seksama apa ada simbol-simbol Illumintai seperti piramida atau mata satu. Videoklip Lady Gaga "Paparazzi", misalnya, disebut mengandung elemen-elemen Illuminati karena terdapat simbol-simbol seperti Bafomet, dewa kaum pagan berwujud kambing hingga Eye of Horus, mata dewa kaum Mesir kuno yang dianggap sebagai mata Dajjal.

2 dari 3 halaman

Simbol Illuminati di Minions

Simbol Illuminati di Minions

Jika di tempat lain simbol Illuminati tersembunyi, justru sebaliknya di film Minions (maupun dua film pendahulunya, Despicable Me pertama dan kedua). Dengan mudah, penyuka teori konspirasi bisa menemukan simbol-simbol persekongkolan Tata Dunia Baru maupun Illuminati.

Di jagat maya bertebaran posting-an tentang Minions yang mengandung simbol-simbol Illuminati.

Misalnya, dari karakter utamanya, para minion. Sebagai spin-off sekaligus prekuel, film Minions menceritakan asal-usul mahluk cebol kuning yang hobi berkerumun itu. Dikisahkan makhluk ini sudah ada jauh sebelum manusia tercipta. Ada yang menganggap, makhluk-makhluk yang pertama diciptakan Tuhan adalah malaikat dan iblis. Karena menghamba pada penjahat, kita bisa langsung mengkategorikan ke golongan mana minion berada.

Baca juga: REVIEW Minions

Stuart Minions

Selain itu, bila mengartikan kata minion, maknanya adalah antek, pelayan, atau kaki tangan. Di franchise Despicable Me, minion memang diceritakan menjadi kaki tangan dari seorang penjahat bernama Gru. Dan menjadi hakikat para minion untuk mencari tuan terjahat untuk mereka patuhi titahnya.

Selain itu, sejumlah minion bermata satu. Ini jelas simbol paling terang Illuminati. Mata satu, One Eye, merupakan lambang Mata Dajjal (The Whole Seeing Eye) maupun ya itu tadi, Eye of Horus.

Kemudian, dalam film Despicable Me maupun Minions ada wujud piramida Mesir. Jelas, piramida merupakan simbol dari Illuminati. Eye of Horus dalam legenda Mesir berada di puncak piramida.

Wajah Gru dan Aleister Crowley.

Di ujung Minions, kita bertemu Gru remaja melakukan tindak kejahatan. Para minion kemudian mengejar Gru, ingin menghamba padanya. Bagian ini menghubungkan Minions dengan Despicable Me. Nama Gru maupun sosoknya bisa dengan mudah juga dikaitkan dengan teori konspirasi New World Order. Wajah Gru disebut mirip Aleister Crowley, seorang mistikus awal abad 20. Crowley mempraktekkan banyak perilaku menyimpang lewat berbagai ritualnya. Crowley dianggap GURU--sepertinya dari nama ini sebutan Gru bermula--dan diangkat jadi pemimpin kelompok Freemason Ordo Templi Orientis (Ordo Kuil/Biara Timur).

Yang menjadi pertanyaan, kenapa simbol-simbol Illuminati begitu mudah ditemukan di Minions (maupun Despicable Me)?

3 dari 3 halaman

Tentang Illumination Entertainment

Tentang Illumination Entertainment

Jawabannya juga terang benderang, sebab rumah produksi pembuat film ini bernama Illumination Entertainment. Maka, tak mengherankan bila simbol-simbol Illuminati bertebaran sepanjang film.

Dari sini, pertanyaan yang lebih pas untuk diajukan adalah, kenapa sebuah rumah produksi asal Hollywood menamai diri mereka Illuminati?

Illumination Entertainment adalah studio film animasi yang didirikan Chris Meledandri tahun 2007. Ia sebelumnya bekerja untuk studio 20th Century Fox dan ikut membidani film-film animasi sukses seperti Ice Age dan sekuelnya, Robots, Alvin and the Chipmunks serta Horton Hears a Who!. Tahun 2008, Illumination Entertainment jadi bagian NBC Universal, dan sejak itu mereka membuat film-film animasi keluarga untuk studio Universal. Selain franchise Despicable Me dan Minions, studio animasi ini juga membuat Hop (2011) dan Dr. Seuss' The Lorax (2012).

Logo Illumination Entertainment.

Koran New York Times pada 2011 membuat profil Chris Meledandri dan studio animasi Illumination Entertainment miliknya. Koran bergengsi di AS itu memuji Meledandri lantaran bisa membuat film animasi panjang menurut standar Hollywood dengan bujet setengah yang biasa dikeluarkan studio film lain. Despicable Me pertama dibuat dengan bujet USD 69 juta, bandingkan dengan Rango yang memaksa Paramount merogoh kocek mereka hingga USd 150 juta. Dan hasilnya, Despicable Me meraup USD 543 juta dari seluruh dunia, sedang Rango hanya meraih USD 245,7 juta.

Baca juga: Kenapa Minions Bicara Bahasa Indonesia di Film Terbaru?

"Lapis manajemen yang tak banyak, keputusan tegas dan jelas, perpendek waktu mengembangkan film--itu semua kami lakukan," kata Meledandri dikutip New York Times.

 Chris Meledandri, pendiri Illumination Entertainment. (dok.NyTimes)

Meledandri tak pernah menyebut kenapa menamai studio animasinya Illumination Entertainment. Namun di sebuah blog 9/11 Disclosure disebutkan, pemilik sesungguhnya Illumination Entertainment adalah Rex Entertainment yang berpusat di London. Rex Entertainment juga kerap dikaitkan dengan gerakan Illuminati.

Hm, oke, sekarang Anda sudah tahu kalau Minions mengandung banyak simbol Illuminati. Lalu? Terkadang film bisa saja diangggap sekadar film. Hiburan semata. Namun, jangan-jangan kelompok Illuminati justru ingin kita berpikir begitu? (Ade/Rom)

Loading