Sukses

Cerita Artis-artis yang Bisnis Batu Akik

Kebanyakan apa yang mereka lakukan berawal dari hobi yang sudah lama.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena kemunculan batu akik menghebohkan masyarakat Indonesia. Di beberapa bagian jalan, pedagang-pedagang batu akik pun mulai bermunculan. Tak terkecuali dengan para artis Tanah Air.

Edwin Superbejo


Menjadi artis sepertinya dirasa kurang cukup tanpa berbisnis. jadilah mereka melakukan aktifitas bisnis batu akik yang sedang ramai. Omsetnya pun rata-rata ada yang mencapai jutaan.

Liputan6.com mencoba mengumpulkan beberapa artis yang diketahui terjun ke dalam bisnis batu akik ini. Siapa sajakah mereka, berikut daftar yang berhasil dirangkum:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Edwin Superbejo


1. Edwin Superbejo

Komedian dan personel Super Bejo, Teuku Edwin mencoba peruntungan di jalur bisnis dengan membuka outlet batu akik di Blok M Square. "Saya itu pernah banyak sekali mencoba menggeluti sejumlah usaha, tetapi selalu gagal, mudah-mudahan yang satu ini awet," kata Edwin belum lama ini.

Pria kelahiran Aceh ini mengaku selain berkecimpung di dunia entertain, bisnis memang menjadi sampingannya. Ia pun tidak mau selalu bergantungan pada karirnya tersebut. Apalagi tidak semua artis bisa bertahan lama. "Bisnis itu investasi. Kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi?"tandasnya.

Edwin memang memiliki beragam batu, meski tidak menjelaskan jenisnya. Batu itu sudah dimiliki sejak lama. Bahkan, puluhan batu tersebut sudah terkumpul di rumahnya. Karena, koleksi itulah terbelesit dari benaknya untuk membuka outlet. Apalagi dukungan dari koleganya Djody dan teman-teman selebritis lainya terus bermunculan.

"Awalnya satu-dua, ke sininya mulai banyak yang mau rembuk bareng,” katanya. Edwin pun memutuskan untuk membuka oulet di Blok M Square.

Beragam jenis batu dijual Edwin mulai dari yang termurah hingga yang termahal. ”Modalnya sih nggak sampai ratusan juta, tetapi kalau sudah jadi bisa segitu,” katanya lagi. Dalam memilih bisnis tersebut, Edwin memang tidak membeli batu yang sudah jadi. Sebaliknya, ia berburu bongkahan batu dari beberapa daerah. Dari bongkahan tersebut, bersama pega wainya ia memoles batu hingga menghasilan pundi-pundi rupiah.

3 dari 6 halaman

2. Narji



2. Narji

Komedian Narji juga menjadi salah satu artis yang mengoleksi dan berbisnis batu akik. Bahkan narji terlihat mulai serius menekuni bisnis jual beli batu akik yang disadarinya memiliki nilai transaksi yang sangat menggiurkan belakangan ini.

Tahun ini Narji bahkan  menjadi promotor pameran batu akik di kota Tanggeran Selatan. Di pameran tersebut Narji memperkenalkan batu Kalimaya  yang merupakan asli dari Provinsi Banten dan batu akik Kalimaya miliknya di perkirakan berharga ratusan juta.

Narji juga dikenal sebagai pencinta batu akik yang tak kalah dengan pelawak Tessy maupun H. Bolot. Hingga sekarang Narji terus mengoleksi batu akik karena dirinya ingin terus menambah koleksi-koleksinya dengan harapan suatu saat Narji juga menginginkan adanya pameran khusus batu-batu akik miliknya sendiri.

Harga batu akik narji mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta perbutirnya, Narji sering berburu batu akik ke pelosok daerah dan salah satu jenis batu akik yang diminatinya adalah batu akik dari Garut seperti Hijau Garut atau Panca Warna Garut karena menurut Narji, Batuan Garut memiliki kualitas yang bagus dan keunikan tersendiri.

4 dari 6 halaman

3. Charly Setia Band



3. Charly Setia Band

 Batu akik adalah jenis batu yang sangat populer saat ini, khususnya di Indonesia. Batu Akik tidak hanya digemari oleh masyarakat biasa, selebriti dan musisi tanah air juga menggandrungi berbagai macam batu indah ini.

Charly Van Houten misalnya, musisi dan pentolan grup musik Setia Band ini mengaku sudah lama memakai batu akik. Keindahan batu akik telah lama meluluhkan hati Charly untuk mengkoleksinya, bahkan jauh sebelum batu akik menjadi populer seperti saat ini.

"Batu yang aku pakai ini adalah jenis Safir Pensi lima warna, batu ini berasal dari Sri Langka. Batu ini sangat langka, belum tentu di pusat perbelanjaan batu ini (bisa) ditemukan. Harganya tidak begitu mahal, sekitar 500 ribu aja, untung aku punya dari dulu. Kalau sekarang harganya pasti mahal," ujar Charly

Dengan koleksi yang dimilikinya ini, Charly mengakui jika dirinya bisa menjual beberapa koleksinya dengan harga yang sudah cocok. Charly mengaku jika dirinya sempat mengeruk keuntungan yang tidak sedikit.

5 dari 6 halaman

4. Ardina Rasti


4. Ardina Rasti

Tren batu akik ternyata juga dirasakan oleh para selebriti Indonesia. Salah satunya yang ikut tren tersebut adalah Ardina Rasti. Tapi berbeda dengan yang lain, Ardina justru melihat peluang bisnis di batu akik. Hingga akhirnya ia mencoba berbisnis batu akik sejak tahun lalu.

"Baru tahun lalu, beberapa bulan yang lalu. Nama bisnisnya 'Sneha', itu dari bahasa sanskerta yang artinya 'Love'," ujarnya saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, belum lama ini.

Ardina mencoba menyulap batu akik menjadi sebuah aksesoris yang menarik. Salah satu aksesoris-nya adalah gelang batu akik yang disebutnya punya khasiat tersendiri.

Sedangkan untuk asal dari batu akik yang dibuatnya justru bukan dari dalam negeri. Ia mengaku membeli bahan batu akik tersebut dari Kanada.

"Ini sebenarnya hobi bikin gelang dari SMP. Dan karena juga banyak banget yang suka yoga, jadi dengan memakai batu alam ini ada khasiatnya," tuturnya.

6 dari 6 halaman

5. Eddies Adelia


5. Eddies Adelia

Demam batu akik juga menjalar pada diri Eddies Adelia. Terdakwa kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) ini ikut berjualan batu akik koleksi pribadinya. Hal itu dilakukan Eddies dengan dalih membayar uang denda persidangan senilai Rp 25 juta.

Eddies Adelia mengaku punya koleksi batu akik yang cukup langka. Makanya ia berani menawarkan harga yang terbilang fantastis hingga ratusan juta rupiah.

"Aku mengoleksi batu akik Black Opal Kalimaya Banten, Black Safir, dan Anggur Pacitan. Kemarin ada yang nawar Rp 30 juta, cuma kata temanku bisa di atas Rp 100 juta, jadi belum aku lepas," ungkap Eddies Adelia, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (29/4/2015).

"Pertama ada yang tawar Rp 6 juta, terus ada yang tawar Rp 30 juta. Siapa nanti tahu ada yang tawar Rp 100 juta? Baru aku lepas," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.