Sukses

Melihat Rencana Ekspansi Hero Supermarket pada 2024

Grup Hero fokus investasi untuk memperkuat pertumbuhan bisnis pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) berkomitmen untuk memperkuat pertumbuhan bisnis lewat beberapa strategi.

Dalam upaya untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik, Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto mengatakan, HERO Group akan memperluas jangkauan produk dan operasinya agar masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan dan kualitas yang ditawarkan Hero Supermarket, Guardian dan IKEA Indonesia.

"HERO Group telah merencanakan proyeksi strategis untuk mengembangkan bisnis-bisnisnya di tahun mendatang," kata Diky kepada Liputan6.com, Selasa (23/1/2024).

Sehubungan dengan rencana pengembangan itu, perseroan juga telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex). Sayangnya, perseroan belum memiliki angka pasti berapa besaran belanja modal untuk tahun ini. Meski begitu, perseroan memiliki rencana untuk senantiasa melakukan inovasi untuk menunjang kinerja perseroan.

"Kami tidak dapat membagikan informasi secara detail saat ini. Namun, dapat kami sampaikan bahwa HERO Group akan terus menghadirkan inovasi layanan dan jangkauan sebagai bagian dari optimalisasi belanja modal dan investasi (capex) tahun ini," kata Diky.  

Dari sisi kinerja keuangan perseroan juga belum memiliki panduan untuk 2024. HERO Group memfokuskan investasi untuk memperkuat pertumbuhan bisnis dalam hal peningkatan proposisi nilai, penambahan gerai, mengoptimalkan rangkaian produk, dan mengembangkan kehadiran omnichannel untuk meningkatkan aksesibilitas bagi pelanggan.

Sebagai gambaran, perseroan membukukan pendapatan bersih periode sembilan bulan pertama 2023 sebesar Rp 3,8 triliun. Angka itu 18 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari raihan tersebut, perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 19 miliar.

Raihan tersebut berbalik dibanding posisi per September tahun sebelumnya, di mana perseroan membukukan rugi bersih Rp 85 miliar. Hal itu disebabkan oleh keuntungan dari divestasi properti non-inti.

Hingga September 2023, HERO Group telah melakukan divestasi tiga properti, yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan posisi keuangan. Perseroan masih terus berdiskusi dengan pihak ketiga sehubungan dengan divestasi properti non-inti yang tersisa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemulihan yang Beragam di Sejumlah Bisnis

HERO Group terus melihat adanya variabilitas dalam pola permintaan di seluruh unit bisnisnya. Pemulihan yang menggembirakan dalam bisnis health and beauty diperkirakan terus berlanjut. Namun demikian, pemulihan di bisnis Home furnishing cenderung tidak merata, dan perseroan akan terus fokus pada peningkatan produktivitas penjualan di toko-toko dan menerapkan pengendalian biaya.

Di sisi lain, perseroan memandang netral pada gelaran pemilihan umum (pemilu tahun ini. Meski diakui pemilu umumnya akan mengerek konsumsi, namun rupanya dampak pemilu tak terlalu signifikan bagi perseroan. HERO Group akan terus mendorong inisiatif-inisiatif untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, produktivitas toko, dan pengendalian biaya.

"Meskipun tingkat konsumsi pada tahun pemilu cenderung akan meningkat dan berdampak positif pada sejumlah sektor, namun hal ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kondisi pasar ritel di Indonesia maupun pertumbuhan bisnis kami. HERO Group bersikap netral dan tidak memiliki keterkaitan dengan politik ataupun hal-hal di luar wilayah bisnis," ujar Diky.

Pada penutupan perdagangan Selasa, 23 Januari 2024, saham HERO naik 0,56 persen ke posisi Rp 905 per saham. Saham HERO dibuka turun lima poin ke posisi Rp 895 per saham. Saham HERO berada di level tertinggi Rp 905 dan terendah Rp 890 per saham. Total frekuensi perdagangan 5 kali dengan nilai transaksi Rp 448,5 ribu.

3 dari 3 halaman

Kinerja 2022

Sebelumnya diberitakan, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengumumkan hasil kinerja keuangan hingga akhir 2022. Perseroan membukukan pendapatan bersih Rp 4,43 triliun pada 2022, meningkat 27,29 persen dari periode sama tahun sebelumnya Rp 3,48 triliun. 

Mengutip laporan keuangan Hero Supermarket, Rabu (22/3/023), beban pokok pendapatan hingga akhir 2022 mencapai Rp 2,58 triliun atau meningkat 31,63 persen dari realisasi sebelumnya sebesar Rp 1,96 triliun.

Dengan demikian, laba bruto Hero Supermarket naik 22,51 persen menjadi Rp 1,85 triliun pada 2022 dari Rp 1,51 triliun pada 2021. 

Hingga akhir 2022, Hero Supermarket berhasil meraih laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 59,11 miliar. Sedangkan 2021, perusahaan ini mengalami rugi bersih tahun berjalan Rp 963,52 miliar.

Sementara itu, aset perseroan senilai Rp 6,91 triliun hingga akhir 2022 naik dari akhir tahun lalu sebesar Rp 6,27 triliun. Kemudian, liabilitas perseroan Rp 5,97 triliun hingga akhir 2022 naik dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 5,39 triliun. Sedangkan, ekuitas perseroan tercatat sebesar Rp 938,13 miliar hingga akhir 2022 naik dari akhir tahun lalu Rp 873,82 miliar.

Pada penutupan perdagangan saham Selasa, 21 Maret 2023, saham HERO melonjak 13,93 persen ke posisi Rp 1.390 per saham. Saham HERO dibuka melemah 60 poin ke posisi Rp 1.160 per saham. Saham HERO berada di level tertinggi Rp 1.395 dan terendah Rp 1.160. Total frekuensi perdagangan 57 kali dengan volume perdagangan 527 lot saham. Nilai transaksi Rp 68,1 juta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini