Sukses

Analis Sebut Resesi AS Bakal Jadi Berita Baik untuk Pasar

The Fed secara konsisten menegaskan kembali komitmennya untuk melawan inflasi, tetapi risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Resesi AS dapat mencegah penurunan tajam pasar pada paruh kedua tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Michael Yoshikami, pendiri dan CEO Destination Wealth Management.

Melansir CNBC, Sabtu (27/5/2023), inflasi harga konsumen AS turun menjadi 4,9 persen YoY pada April, laju tahunan terendah sejak April 2021. Pasar mengambil data baru dari Departemen Tenaga Kerja awal bulan ini sebagai tanda bahwa upaya Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) untuk mengekang inflasi akhirnya membuahkan hasil.

Indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) telah mendingin secara signifikan sejak puncaknya di atas 9 persen pada Juni 2022, meski angka terkini masih jauh di atas target Fed sebesar 2 persen. CPI inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak, naik sebesar 5,5 persen pada April di tengah ketahanan ekonomi dan pasar tenaga kerja yang makin ketat.

The Fed secara konsisten menegaskan kembali komitmennya untuk melawan inflasi, tetapi risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terakhir membahas mengenai akan dibawa kemana suku bunga acuan AS. Mereka akhirnya memilih kenaikan 25 basis poin lagi pada saat itu, mengambil target suku bunga antara 5 persen dan 5,25 persen.

Ketua The Fed, Jerome Powell mengisyaratkan bahwa jeda dalam siklus kenaikan kemungkinan terjadi pada pertemuan FOMC Juni mendatang. Tetapi beberapa anggota masih melihat perlunya kenaikan tambahan, sementara yang lain mengantisipasi perlambatan pertumbuhan akan menghilangkan kebutuhan untuk pengetatan lebih lanjut. Bank sentral telah menaikkan suku bunga 10 kali sejak Maret 2022.

Pendiri dan CEO Destination Wealth Management, Michael Yoshikami mengatakan, satu-satunya cara yang terjadi adalah jika terjadi resesi yang berkepanjangan yang menurutnya tidak mungkin tanpa pengetatan kebijakan lebih lanjut karena penurunan harga minyak semakin merangsang aktivitas ekonomi.

“Ini akan terdengar gila, tetapi jika kita tidak mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di Amerika Serikat dan bahkan mungkin resesi yang dangkal, itu mungkin dianggap negatif karena suku bunga mungkin tidak akan dipotong atau bahkan mungkin terus berlanjut,” kata dia.

Yoshikami yakin lebih banyak perusahaan akan mulai melihat pasar secara lebih konservatif pada pendapatan ke depan guna mengantisipasi biaya pinjaman tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama dan menekan margin.

“Bagi saya, semuanya benar-benar akan bermuara pada apakah ekonomi akan mendekati resesi?’ Percaya atau tidak, jika itu terjadi, saya pikir itu akan menjadi kabar baik. Jika ekonomi menghindarinya dan terus berada di jalur berbusa, maka saya pikir kita akan memiliki beberapa masalah di pasar pada paruh kedua tahun ini," kata dia.

Pejabat Federal Reserve, termasuk Presiden Fed St. Louis James Bullard dan Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari, dalam beberapa pekan terakhir mengindikasikan bahwa inflasi inti yang kaku dapat membuat kebijakan moneter lebih ketat lebih lama, dan dapat memerlukan lebih banyak kenaikan tahun ini.

Yoshikami mengatakan proses pemotongan suku bunga yang sebenarnya akan menjadi langkah drastis, terlepas dari penetapan harga pasar dan menyarankan pembuat kebijakan dapat mencoba untuk mempengaruhi ekspektasi pasar ke arah tertentu melalui pidato dan deklarasi publik, daripada tindakan kebijakan definitif dalam waktu dekat.

Sebagai akibat dari lemahnya jalur kebijakan moneter dan ekonomi AS, dia memperingatkan investor untuk bersikap skeptis terhadap valuasi di bagian pasar tertentu, terutama teknologi dan kecerdasan buatan.

“Pikirkan tentang itu, lihat sendiri dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan ini, apakah ini saham yang masuk akal mengingat apa yang menurut kami akan menghasilkan pendapatan untuk lima tahun ke depan? Jika tidak, Anda menempatkan premi optimisme pada aset itu yang sebaiknya Anda yakini karena di situlah, sungguh, air mata datang," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.