Sukses

Lira dan Bursa Istanbul Lesu Akibat Presiden Erdogan Dapat Momentum dalam Pemilu Turki

Pemilihan Presiden Turki memasuki putaran kedua yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal tersebut juga turut membayangi mata uang Turki Lira.

Liputan6.com, Jakarta - Lira Turki merosot mendekati rekor terendah lainnya karena pemilihan presiden Turki menuju putaran kedua yang belum pernah terjadi sebelumnya. Analis memperkirakan pelemahan lebih lanjut untuk mata uang lira dalam jangka pendek.

"Sayangnya sepertinya [apa] hingga 49 persen orang Turki telah memilih adalah krisis ekonomi. Dua minggu ke depan, kita bisa melihat mata uang runtuh," kata Pendiri firma penasehat Cribstone Strategic Macro Mike Harris, dikutip dari CNBC, Selasa (16/5/2023).

Dengan lebih dari 99 persen suara telah dihitung, Erdogan unggul dengan 49,46 persen suara sementara pesaing utama oposisi Kemal Kilicdaroglu, yang telah berjanji untuk membawa perubahan dan reformasi ekonomi, mengumpulkan 44,79 persen, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK). 

YSK mengkonfirmasi Senin sore pemilihan presiden memang akan berlangsung putaran kedua pada 28 Mei. Baik petahana 20 tahun Presiden Tayyip Erdogan maupun Kilicdaroglu tidak melewati ambang batas 50 persen yang diperlukan untuk mengamankan kemenangan langsung.

"Lira Turki mendekati posisi terendah bersejarahnya dan prospeknya bearish dalam jangka pendek, karena ketidakpastian hasil pemilu," kata CEO MarketVector Steven Schoenfeld.

Ia menuturkan, lira dapat didevaluasi sebagai bagian dari reformasi ekonomi besar jika oposisi mengambil alih kekuasaan. Mata uang diperdagangkan pada 19,66 melawan greenback pada pukul 1 siang waktu London pada Senin.

"Kinerja luar biasa Erdogan yang signifikan di babak pertama merupakan salah satu skenario terburuk untuk aset Turki dan lira,” kata Ekonom Pasar Berkembang Wells Fargo, Brendan McKenna.

Dia memperkirakan lira akan mengalami "jual beli yang signifikan" dalam waktu dekat dan berpandangan persilangan lira/dolar akan mencapai 23 pada akhir Juni.

Kampanye Kilicdaroglu didasarkan pada pemulihan kebijakan ekonomi yang lebih ortodoks dan menjinakkan tingkat inflasi Turki yang sangat tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bursa Istanbul Melemah

Bursa Istanbul Turki pada Senin pagi mengeluarkan pemutus sirkuit atau sempat jeda setelah indeks acuan anjlok lebih dari 6 persen dalam perdagangan pre-market pada Senin. Sejak itu kembali diperdagangkan. Indeks ISE Nasional 100 Turki diperdagangkan lebih rendah hampir 3 persen.

Saham Turki turun sekitar 15 persen tahun ini, menandai "kontras besar dengan pengembalian hampir 90 persen mereka pada 2022," kata MarketVector Schoenfeld kepada CNBC melalui email.

"Prospek paling tidak pasti, tetapi jika oposisi memenangkan putaran kedua dan mengambil alih kekuasaan pada Juni, prospek jangka panjang ekuitas Turki akan positif," kata dia. 

Obligasi negara Turki berdenominasi dolar AS atau USD, juga mengalami aksi jual semalam karena berita tersebut. Mereka tergelincir 7 sen, sebelum sedikit mundur, menurut Reuters. Pertukaran default kredit Turki, pada dasarnya biaya asuransi terhadap default pemerintah, secara singkat naik 114 basis poin, menurut data Reuters.

Prospek kemenangan Erdogan telah meningkat secara signifikan setelah pemungutan suara pada Minggu, beberapa analis percaya akan hal itu.

Seorang profesor ekonomi di Universitas Koç di Istanbul Selva Demiralp mengatakan kemungkinan Erdogan tetap menjabat telah meningkat secara substansial. Dan dia bukan satu-satunya yang percaya itu.

“Saya pikir [Erdogan] berada dalam posisi yang sangat menguntungkan untuk mencapai 50 persen suara populer yang dia butuhkan di putaran kedua untuk menjadi presiden sekali lagi,” kata Direktur Pelaksana Riset & Konsultasi Ekonomi Istanbul, Can Selcuki.

 

3 dari 3 halaman

Inflasi Tinggi Pengaruhi Ekonomi Warga

Selcuki mencatat sementara rata-rata rumah tangga telah menderita di bawah inflasi yang tinggi, tampaknya aliansi yang berhasil disusun oleh Erdogan hampir membawanya melewati ambang batas 50 persen.

Prognosis yang relatif lebih jelas tentang siapa yang akan muncul sebagai pemenang dapat membawa ketenangan ke pasar, setidaknya di hari-hari menjelang putaran kedua.

"Sekarang ada lebih sedikit volatilitas dalam dua minggu ke depan karena Erdogan dan mayoritas di parlemen sangat nyaman dalam mengamankan kemenangan di putaran kedua. Jadi saya pikir ketidakpastiannya jauh lebih sedikit daripada yang kita harapkan seminggu yang lalu,” lanjut Selcuki.

"[Pemerintah petahana] akan mengambil hasil pemilu sebagai konfirmasi keberhasilan mereka dan mempertahankan jalur suku bunga rendah yang ada ditambah dengan represi keuangan yang lebih ketat," kata Selva Demiralp.

Namun, apa yang ada di luar hasil limpasan adalah prestasi yang lebih sulit diukur.

"Periode setelah dua minggu ke depan lebih sulit untuk diramalkan. Saya berharap kontrol modal yang ada menjadi lebih ketat dan akibatnya Turki bergerak menuju ekonomi yang kurang terbuka," kata Selva.

Kebijakan moneter Turki lebih menekankan pada pengejaran pertumbuhan dan persaingan ekspor daripada menenangkan inflasi. Erdogan mendukung pandangan tidak konvensional bahwa menaikkan suku bunga meningkatkan inflasi, bukannya menjinakkannya. Dan kemungkinan kemenangannya berarti bahwa kebijakan seperti itu kemungkinan besar akan bertahan.

"Pemerintah petahana] akan mengambil hasil pemilu sebagai konfirmasi keberhasilan mereka dan mempertahankan jalur suku bunga rendah yang ada ditambah dengan represi keuangan yang lebih ketat. Saya khawatir kebijakan ini hanya akan meningkatkan biaya yang harus dibayar pada akhirnya," kata Selva.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini