Sukses

Saham Perbankan Eropa Alami Koreksi Terbesar dalam Setahun Terseret Sentimen Silicon Valley Bank

Investor melepas saham bank Eropa. Hal ini terjadi di tengah sentimen pemerintah Amerika Serikat dan Inggris berupaya topang kepercayaan pada sistem keuangan di tengah runtuhnya Silicon Valley Bank.

Liputan6.com, Jakarta - Investor membuang saham bank Eropa dalam hari ketiga berturut-turut pada Senin, 13 Maret 2023 meskipun langkah dramatis selama akhir pekan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Inggris untuk menopang kepercayaan pada sistem keuangan menyusul keruntuhan Silicon Valley Bank pada Jumat, 10 Maret 2023.

Melansir CNN, Selasa (14/3/2023), indeks acuan Stoxx Europe 600 Banks Eropa, yang melacak 42 bank besar UE dan Inggris, turun 5,6 persen pada Senin sore waktu setempat mencatat penurunan terbesar sejak Maret tahun lalu. Indeks Stoxx Europe 600 yang lebih luas turun 2,1 persen, sedangkan FTSE 100 (UKX) yang padat bank turun 2,2 persen.

Saham bank Swiss Credit Suisse (AMJL) anjlok 12 persen ke rekor terendah baru, sebelum pulih. Saham HSBC (FTRXX) turun 3,8 persen, Barclays (ATMP) 5,7 persen, Deutsche Bank (DB) 4,3 persen dan Unicredit Italia (UNCFF) 7,5 persen.

Kejatuhan telah meningkatkan kekhawatiran keruntuhan perbankan AS terbesar kedua dalam sejarah dapat diikuti oleh kegagalan lebih lanjut dari bank-bank yang lebih lemah. Itu terlepas dari intervensi oleh pejabat di kedua sisi Atlantik untuk membendung kepanikan, dan eksposur yang relatif terbatas di antara bank-bank Eropa terhadap SVB dan kliennya.

"Investor masih terguncang oleh peristiwa beberapa hari terakhir," kata kepala keuangan dan pasar di platform investasi Hargreaves Lansdown, Susannah Streeter kepada CNN.

Pada Minggu, pemerintahan Biden berjanji pelanggan Silicon Valley Bank ((SVB) dan Signature Bank, yang ditutup pada Minggu, akan memiliki akses ke semua uang mereka mulai Senin. Berbeda dengan preseden, pemerintah memastikan simpanan yang tidak diasuransikan pun akan dikembalikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah The Fed

Bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) juga akan menyediakan dana tambahan bagi lembaga keuangan yang memenuhi syarat untuk mencegah berjalannya bank serupa di masa mendatang. Bank-bank AS mengalami kerugian yang belum direalisasi sebesar USD 620 miliar aset yang harganya telah turun tetapi belum dijual pada akhir 2022, menurut Federal Deposit Insurance Corporation.

Tidak jelas berapa banyak kerugian yang belum direalisasikan oleh bank-bank UE dan Inggris di pembukuan mereka. Langkah luar biasa oleh otoritas AS dirancang untuk mencegah lebih banyak bank berjalan dan untuk membantu perusahaan yang menyimpan uang dalam jumlah besar ke bank untuk terus melakukan penggajian dan mendanai operasi mereka.

HSBC (FTRXX), bank terbesar di Eropa, mengumumkan pada Senin pagi bahwa mereka telah membeli cabang SVB Inggris seharga 1 poundsterling (USD 1,2), efektif "segera". Bank of England memberitahu pelanggan SVB UK bahwa semua simpanan mereka aman.

Namun, investor gelisah di Eropa, di mana para pejabat belum menjanjikan dukungan likuiditas tambahan untuk sektor perbankan secara lebih umum, seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

“Skema asuransi simpanan di AS secara signifikan lebih dermawan daripada di Eropa, dan ada harapan yang berkembang bahwa Departemen Keuangan AS akan bergerak cepat untuk menjamin simpanan sepenuhnya jika lebih banyak bank bangkrut,” kata Streeter.

 

3 dari 3 halaman

Investor Menanti Langkah Bank Sentral Eropa

Chris Beauchamp selaku kepala analis pasar di platform perdagangan IG, setuju. Investor Eropa sedang menunggu "jaminan lisan" dari Bank Sentral Eropa, katanya, yang mungkin tidak datang sampai Kamis ketika bertemu berikutnya untuk menetapkan suku bunga.

"Langkah otoritas AS adalah tanda bahwa mereka merespons dengan cepat, sedangkan Eropa masih harus merespons," katanya kepada CNN.

Beauchamp menambahkan penurunan yang lebih tajam pada saham bank Eropa sejauh ini yang terlihat pada Senin mungkin sebagian mencerminkan kinerja mereka yang lebih kuat relatif terhadap bank AS tahun ini.

Indeks Stoxx Europe 600 Banks naik 21 persen dalam delapan minggu pertama tahun ini, sekitar 12 poin persentase lebih tinggi dari Indeks KBW Bank, yang melacak 24 bank terkemuka AS. Kedua indeks telah jatuh kembali sejak awal Maret.

"Pasar AS turun jauh lebih tajam selama sebulan terakhir. Begitu banyak pesimisme mungkin dihargai," kata Beauchamp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.