Sukses

Bank Danamon Rombak Susunan Pengurus, Minta Restu Pemegang Saham pada 31 Maret 2023

Bank Danamon Indonesia akan meminta persetujuan pemegang saham untuk merombak susunan pengurus dalam RUPST pada 31 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mengumumkan rencana perubahan direktur utama dan komisaris utama perseroan. 

Dengan demikian, Bank Danamon bakal meminta restu pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang akan digelar pada 31 Maret 2023.

"Rencana perubahan ini akan disampaikan untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang akan diselenggarakan pada 31 Maret 2023," tulis Manajemen Bank Danamon dalam keterangan resmi, Kamis (2/3/2023).

Dengan akan berakhirnya masa jabatan Yasushi Itagaki dan Kenichi Yamato sebagai direktur utama dan komisaris utama, perseroan akan mengusulkan pada RUPST untuk mengangkat Daisuke Ejima sebagai direktur utama perseroan dan Yasushi Itagaki sebagai komisaris utama perseroan.

Profil Daisuke Ejima dan Yasushi Itagaki:

Daisuke Ejima saat ini menjabat sebagai Regional Executive untuk MUFG Bank Asia Pasifik yang bertanggung jawab atas bisnis MUFG di 18 negara di kawasan Asia Pasifik dan berbasis di Singapura.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Country Head of Indonesia untuk MUFG Cabang Jakarta, peran yang diembannya dari 2018 hingga 2022. Di bawah kepemimpinannya, MUFG Cabang Jakarta mampu meningkatkan profilnya sebagai salah satu bank asing terbesar di Indonesia sekaligus memperdalam kinerja bisnis dan operasional. 

Sebelum pindah ke Indonesia, ia adalah Deputy General Manager Corporate Banking Division Asia & Oseania sejak Maret 2015. Berbasis di Singapura, beliau bertanggung jawab untuk mempromosikan bisnis perbankan korporasi dengan Nasabah global dan regional di kawasan Asia Tenggara dan Oseania. 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Ejima

Ejima adalah bankir korporat berpengalaman yang telah memegang berbagai peran di Perbankan Global dan Korporat Jepang.

Setelah mengasah keahliannya di Japanese Corporate Banking Group dari Bank of Tokyo Mitsubishi Cabang New York pada awal tahun 2000-an, beliau pindah ke US Corporate Banking Group, di mana dia tetap berbasis di New York. Sebelum Ejima memulai penugasannya di Singapura pada Maret 2015, beliau menjabat sebagai Head of Global HR Office di kantor pusat MUFG Bank di Tokyo dari 2013.

Ejima memulai karier perbankannya pada 1991 dengan The Mitsubishi Bank, Ltd. Beliau pernah menjabat sebagai Manajer Departemen Riset Industri di Divisi Riset pada Bank of Tokyo-Mitsubishi, Ltd. Ejima lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tokyo dan menyelesaikan gelar MBA di Sekolah Bisnis Ross Universitas Michigan, AS.

3 dari 3 halaman

Profil Yasushi Itagaki

Sementara itu, Yasushi Itagaki bergabung sebagai Direktur Danamon pada Maret 2018 dan diangkat menjadi Direktur Utama pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa 1 Oktober 2019. Ia diangkat kembali sebagai Direktur Utama pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 23 Maret 2020. Saat ini Itagaki juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.

Sebelum bergabung dengan Danamon, Itagaki adalah Managing Executive Officer dan Deputy Chief Executive Unit Bisnis Perbankan Komersial Global dari MUFG Bank dan Executive Officer MUFG. Sebelum menempati posisi di atas, Itagaki adalah General Manager Divisi Perencanaan Global, di mana di antara banyak perannya, dia bertanggung jawab atas perencanaan strategis dalam mendukung ekspansi bisnis global. 

Selama karier di MUFG, Itagaki telah memegang sejumlah peran penting dengan tanggung jawab yang semakin meningkat. Itagaki menempati posisi di Singapura pada 2013 hingga 2015 guna membangun kantor pusat MUFG Bank untuk wilayah Asia dan Oseania dan mendukung CEO Regional dalam mengembangkan dan melaksanakan strategi serta inisiatif penting untuk wilayah tersebut.

Di antara banyak kontribusi penting untuk pengembangan bisnis MUFG, Itagaki merancang gambaran besar dan strategi jaringan perbankan komersial ASEAN. Sepanjang karier di MUFG, Itagaki telah memainkan peran penting dalam kemitraan strategis di kawasan ASEAN dengan Krungsri, Security Bank, VietinBank, dan Danamon. 

Posisi kepemimpinan lainnya yang dipegang oleh Itagaki termasuk Chief Manager of the Global Planning Division di MUFG Bank, di mana ia terlibat dalam privatisasi Union Bank di California dan memimpin proses pelaksanaan investasi strategis MUFG di Morgan Stanley selama krisis keuangan global. 

Itagaki memulai karirnya di Bank of Tokyo pada 1987. Itagaki lulus dengan gelar Sarjana Hukum (Bachelor of Laws) dari Kyoto University pada 1987.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.