Sukses

Fakta-Fakta Menarik Pendiri Oracle, Larry Ellison yang Masuk Posisi 5 Besar Orang Terkaya di Dunia

Larry Ellison mungkin namanya masih terdengar asing. Namun, ia adalah pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle Corporation dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Berikut fakta menariknya.

Liputan6.com, Jakarta - Larry Ellison, pebisnis dan pengusaha Amerika dan tercatat sebagai salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak (software), Oracle Corporation.

Berdasarkan data The World’s Real Time Billionaire Forbes, Larry menduduki posisi keempat sebagai orang terkaya di planet ini dengan total kekayaan sebesar USD 112,3 miliar atau sekitar Rp 1.711,87 triliun (kurs Rp 15.243,75 per USD). Saat ini, ia memiliki 35 persen saham Oracle.

Lahir pada 17 Agustus 1944 di New York City, Amerika Serikat (AS), Larry Ellison memiliki nama lengkap Lawrence Joseph Ellison. Ibunya, Florence Spellman, adalah orang tua tunggal yang masih muda saat itu. Setelah sekitar sembilan bulan menderita radang paru-paru, sang ibu mengirim Larry ke Chicago untuk tinggal bersama bibi dan pamannya, Lillian dan Louis Ellison.

Melansir berbagai sumber, Liputan6.com telah merangkum fakta menarik lainnya mengenai Larry Ellison sebagai berikut:

Riwayat Pendidikan

Larry kuliah di Universitas Illinois di Urbana-Champaign pada 1962, namun keluar pada 1964 tidak lama setelah kepergian Lillian. Dia sangat dekat dengan ibu angkat sekaligus bibinya itu, tetapi memiliki hubungan yang jauh lebih sulit dengan pamannya, Louis yang sering mengatakan kepadanya dia tidak akan menjadi apa-apa. Larry kemudian kuliah sebentar di University of Chicago pada 1966.

Mulai Karier

Dia pergi ke California dan menghabiskan beberapa tahun berikutnya sebagai pemrogram komputer untuk berbagai perusahaan. Mulai 1973, dia bekerja di perusahaan elektronik Ampex, di mana dia bertemu dengan sesama programmer Ed Oates dan diawasi oleh Bob Miner. Ellison meninggalkan Ampex pada 1976 dan bergabung dengan Precision Instruments (yang kemudian berganti menjadi Omex), di mana dia menjadi wakil presiden penelitian dan pengembangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merintis Oracle

Pada 1977 Ellison bergabung dengan Miner dan Oates untuk membentuk Software Development Laboratories (SDL), yang dibuat untuk melakukan pemrograman kontrak untuk perusahaan lain. Ellison ingin SDL berbuat lebih banyak.

Terinspirasi oleh makalah penelitian yang ditulis oleh ilmuwan komputer kelahiran Inggris Edgar F. Codd yang menguraikan model basis data relasional, Ellison dan rekan-rekannya melihat potensi komersial dalam pendekatan tersebut, yang mengatur data dalam jumlah besar dengan cara yang memungkinkan adanya penyimpanan yang efisien dan cepat.

Ellison, Miner, dan Oates mulai bekerja mengembangkan dan memasarkan program berdasarkan teori manajemen data Codd. Pada 1978, Mereka menerima kontrak senilai USD 50 ribu dari Central Intelligence Agency (CIA) untuk mengembangkan database, dan mereka mulai mengerjakan program database relasional komersial.

Oracle IPO dan Jadi Perusahaan Data Terbesar di Dunia

Pada 1979 perusahaan yang sekarang disebut Relational Software, Inc., merilis Oracle, program basis data relasional komersial paling awal yang menggunakan Structured Query Language (SQL), dan program basis data serbaguna dengan cepat menjadi populer.

Dikenal karena inovasi dan pemasaran yang agresif, perusahaan yang berganti nama menjadi Oracle Systems Corporation (kemudian berganti Oracle Corporation) pada tahun 1982 setelah produk andalannya, berkembang pesat sepanjang tahun 1980-an, go public pada 1986. Pada tahun 1987 Oracle menjadi perusahaan manajemen basis data terbesar di dunia.

Namun, pada 1990 audit internal yang dilakukan setelah gugatan pemegang saham mengungkapkan Oracle telah memanipulasi laporan keuangannya. Saham perusahaan anjlok secara dramatis saat itu. Ellison merestrukturisasi manajemen Oracle, dan pada akhir tahun 1992 perusahaan telah kembali sehat secara finansial. Bersamaan dengan dirilisnya perangkat lunak database populer yang disebut Oracle 7, yang berhasil memenangkan pasar.

Bank, perusahaan, pemerintah, maskapai penerbangan, pembuat mobil, dan pengecer semuanya bergantung pada Oracle 7. Ellison menjadi eksekutif dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2000 dengan total kompensasi sebesar USD 1,84 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Ingin Saingi Perusahaan Bill Gates

Pada pertengahan 1990-an, Ellison melihat peluang untuk bersaing dengan Microsoft Corporation dengan mengembangkan alternatif murah untuk desktop personal computer (PC) yang disebut Network Computer (NC).

NC tidak dilengkapi sepenuhnya seperti PC standar dan mengandalkan server komputer untuk data dan perangkat lunaknya dalam versi awal yang kemudian dikenal sebagai komputasi cloud.

Namun, penurunan harga PC yang terus berlanjut dan keterlambatan dalam pengembangan NC, mengukuhkan bahwa sistem operasi Microsoft Windows terus mendominasi desktop pengguna bisnis. Ellison kemudian mengakui bahwa NC secara teknologi masih prematur.

Pada awal 2000-an Ellison memulai Oracle dengan strategi agresif untuk membeli perusahaan perangkat lunak strategis yang memungkinkan perusahaan memasuki pasar baru. Di antaranya seperti Sun Microsystems (teknologi informasi), Solusi Hyperion (intelijen bisnis), Retek (ritel), Siebel Systems (manajemen hubungan pelanggan), dan PeopleSoft (sumber daya manusia, keuangan, rantai pasokan, kinerja perusahaan, manajemen hubungan pelanggan).

Hedon, Larry Ellison Punya Saham Tesla hingga Pulau di Hawaii

Ellison adalah salah satu tokoh Silicon Valley yang paling memecah belah, dikagumi karena kesuksesannya yang luar biasa dan disesalkan karena metode bisnisnya yang terkadang kejam dan konsumsinya yang mencolok.

Selain memiliki Oracle, dia memiliki sekitar 15 juta saham di Tesla Inc. (TSLA) dan menjadi dewan di perusahaan milik Elon Musk itu. Pada 2012 Ellison membeli 98 persen pulau Lanai di Hawaii. Tahun itu diperkirakan kekayaan pribadinya bernilai sekitar USD 40 miliar, menjadikannya orang terkaya keenam di dunia dan orang terkaya Amerika ketiga setelah Bill Gates dan investor Warren Buffett.

Dia juga membelanjakan USD 194 juta untuk kapal pesiar, dan menginvestasikan ratusan juta dolar dalam real estate mewah di Malibu, California. Dia juga membangun perkebunan California yang meniru arsitektur feodal Jepang abad ke-16.

4 dari 4 halaman

Ikut Kampanye Amal yang Digagas Warren Buffett

Pada 2010, dia turut menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang diinisiasi oleh Warren Buffett untuk mendorong sesama miliarder menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Ellison telah menyumbangkan ratusan juta dolar untuk penelitian medis dan pendidikan, termasuk USD 200 juta kepada University of Southern California untuk pusat penelitian pengobatan kanker pada 2016.

Mengundurkan Diri dari CEO Oracle

Pada September 2014 Ellison mengundurkan diri sebagai CEO Oracle, dan mempercayakan perusahaan yang dibangunnya dari awal kepada dua rekan terpercaya. Namun, ia tetap menjadi bagian dari perusahaan dengan posisi saat ini menjabat sebagai Executive Chairman dan CTO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.