Sukses

Surge Raup Pendapatan Rp 304,6 Miliar hingga Kuartal III 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau disebut Surge mempertahankan kinerjanya pada tren positif pada kuartal III 2022. Hal tersebut terlihat dari pendapatan bersih Perseroan mencapai Rp 304,6 miliar atau naik sebesar 48 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Hingga kuartal ketiga tahun 2022, pendapatan bersih Surge dikontribusikan dari ketiga segmen bisnis perseroan yaitu segmen usaha produk digital yang berhasil menyumbang pendapatan Perseroan sebesar Rp 233,13 miliar (76,5 persen), segmen usaha periklanan (advertising) sebesar Rp 66,28 miliar  (21,8 persen), dan segmen telekomunikasi sebesar Rp 5,23 miliar (1,7 persen).

Surge fokus dalam membangun berbagai ekosistem digital yang dapat berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, laba bersih perseroan pada kuartal III 2022 naik 88 persen secara yoy menjadi Rp 13,7 miliar dari yang sebelumnya Rp7,28 miliar pada kuartal III 2021.

Aset perseroan pun bertumbuh dan mencatatkan kenaikan sebesar 28 persen (Year to date) menjadi Rp 1,15 triliun dibandingkan posisi akhir tahun 2021 yang sebesar Rp. 896,3 miliar. Ekuitas perseroan juga meningkat sebesar 3 persen menjadi Rp. 530,2 miliar dibandingkan dengan posisi ekuitas pada akhir tahun 2021 yang sebesar 515,9 miliar.

CEO Surge, Hermansjah Haryono menuturkan, pencapaian ini tidak lepas dari komitmen Surge dalam menjaga momentum pertumbuhan Perseroan pasca pandemi COVID-19.

"Kinerja ini tentunya akan terus berlanjut seiring dengan pengembangan berbagai ekosistem digital dengan memanfaatkan infrastruktur digital yang telah dibangun Perseroan,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

Ia mengatakan, realisasi atas pengembangan ekosistem digital terlihat dengan meningkatnya jumlah user/klien baik yang berasal segmen konektivitas/telekomunikasi, media periklanan dan hiburan, serta pilar bisnis teknologi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat,

“Dengan optimalisasi pemanfaatan infrastruktur digital Perseroan diharapkan menjadi katalis bagi pertumbuhan kinerja keuangan Perseroan pada periode mendatang,” ujar dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Sektor Digital

Sebelumnya, PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge, berhasil mencatatkan performa kinerja perusahaan yang bertumbuh sepanjang 2022. Pada kuartal kedua 2022, perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 205,5 miliar. Angka ini tumbuh sebesar 186 persen dibandingkan triwulan sebelumnya. 

Berdasarkan materi Public Expose Surge di Keterbukaan Informasi, Sabtu (10/9/2022), perseroan mengungkapkan sektor produk digital berkontribusi sebesar 68,8 persen dari total pendapatan perseroan dan tumbuh sebesar 287 persen dibandingkan pendapatan triwulan sebelumnya.  

Sektor ini masih unggul dibanding sektor Surge lainnya Sektor bisnis Periklanan berkontribusi sebesar 29,7 persen dari total pendapatan perseroan dan tumbuh sebesar 57 persen dibandingkan pendapatan triwulan sebelumnya. 

Adapun untuk sektor Telekomunikasi Surge berkontribusi pada Q2 sebesar 1,5 persen dari total pendapatan perseroan dan tumbuh sebesar 52,2 persen dibandingkan pendapatan triwulan sebelumnya. Telekomunikasi menjadi sektor paling sedikit memberikan kontribusi dalam pendapatan Surge pada kuartal kedua 2022. 

 

3 dari 4 halaman

Proyek Perseroan

Secara keseluruhan, laba perseroan pada kuartal dua 2022 tumbuh 436 persen dibandingkan triwulan sebelumnya. Sedangkan untuk aset perseroan tumbuh sebesar 117,3 persen secara Year on Year (YoY) dan 29,49 persen secara YTD. 

Pertumbuhan ini seiring dengan pertumbuhan aset perseroan pada sektor konektivitas atau telekomunikasi. 

Pada kuartal kedua 2022, Surge memiliki total aset sekitar Rp 1,1 triliun. Aset naik jika dibandingkan kuartal 2 2021 yang hanya Rp 534 miliar dan tahun penuh 2021 yang hanya Rp 896,3 miliar.

Dalam materi Public Expose yang terlampir di keterbukaan informasi, Surge memiliki proyeksi perseroan ke depannya untuk meraih pendapatan bersih yang diperkirakan tumbuh dari rendah hingga menengah dengan dua digit. 

Perseroan juga memiliki proyeksi menjaga marjin laba bersih relatif stabil dan bertumbuh seiring pertumbuhan pendapatan. Kemudian seiring beroperasinya “Java Backbone” secara penuh, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada sektor telekomunikasi Surge.

 

4 dari 4 halaman

Surge Tunjuk Dua Komisaris Baru, Ada Eks Petinggi Indosat dan Uber Indonesia

Sebelumnya, PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge resmi menunjuk dua orang komisaris baru melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan, Rabu, 18 Mei 2022.

Pemegang saham menyetujui serta menunjuk Yune Marketatmo sebagai Komisaris Solusi Sinergi Digitalmenggantikan Emily Bonosusatya dan Doni Satiaji Soetadi ditunjuk sebagai Komisaris Independen Perseroan menggantikan Raymond Pribadi.

"Kami harapkan dengan pengalaman yang selama ini dimiliki oleh keduanya, baik dalam industri telekomunikasi, perbankan, transportasi, dan ritel dapat melengkapi serta memberikan warna yang berbeda bagi perkembangan bisnis Surge,” ungkap CEO Surge Hermansjah Haryono, ditulis Kamis (19/5/2022).

Ke depan, Surge tetap konsisten dalam menghadirkan konektivitas dengan kapasitas tinggi dan berkualitas serta mempercepat transformasi digital bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia melalui tiga pilar bisnis utama yaitu konektivitas, pemenuhan kebutuhan sehari-hari (daily needs), serta media periklanan dan hiburan terintegrasi.

Yune Marketatmo berkecimpung di industri telekomunikasi selama lebih dari 28 tahun dan karier terakhir Yune sebagai Chief Operating Officer (COO) dari Indosat Mega Media.

Sementara Doni Satiaji Soetadi berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri ritel, perbankan, hingga transportasi. Ia juga aktif berinvestasi pada berbagai perusahaan rintisan, dan pernah dipercaya sebagai Chairman UBER Indonesia. Doni juga merupakan strategic partner dari Ismaya Group. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.