Sukses

Profil Direktur Utama Japfa Comfeed Indonesia Handojo Santosa

Liputan6.com, Jakarta - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk melaporkan Direktur Utama Perseroan Handojo Santosa tutup usia pada Minggu, 25 September 2022.

"Perseroan menyampaikan Bapak Handojo Santosa yang menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan telah meninggal dunia pada Minggu, 25 September 2022,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Maya Pradjono dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (26/9/2022).

Mengutip laman Japfa, Handojo Santosa (58) merupakan warga negara Siprus yang berdomisili di Singapura. Kemudian, pada 1997, Handojo diangkat sebagai direktur utama perseroan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Handojo pun bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan strategis dan operasional perseroan.

Pria kelahiran 1964 ini bergabung di Japfa Comfeed pada 1986 sebagai manajer di divisi minyak nabati di Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Handojo bertanggung jawab atas kegiatan operasional harian di divisi tersebut. Selain itu, ia juga menjabat sebagai wakil presiden direktur perseroan dari 1989-1997.

Sementara itu, mengutip Forbes, Handojo Santosa diketahui sebagai pemilik mayoritas Japfa yang terdaftar di Singapura, yang secara tidak langsung menjalankan bisnis makanan. Perusahaan ini memproduksi makanan pokok protein, susu, dan makanan kemasan serta menjual susu segar di Indonesia dengan merek Greenfields.

Perusahaan ekuitas swasta KKR memiliki 10 persen saham di Japfa Comfeed. Pada Juli 2020 Japfa menjual 25 persen saham di unit produk susu China AustAsia Investments senilai USD 254 juta atau 3,82 triliun (asumsi kurs Rp 15.065 per dolar AS) kepada raksasa susu Jepang Meiji.

Tak hanya itu, Handojo Santosa juga diketahui memiliki kekayaan sebanyak USD 735 juta atau sekitar Rp 11 triliun pada 2020 dan menjadi orang terkaya ke-38 di Indonesia. 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Direktur Utama Japfa Comfeed Indonesia Handojo Santosa Meninggal

Kabar duka menyelimuti PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Manajemen Japfa Comfeed Indonesia melaporkan Direktur Utama Perseroan Handojo Santosa tutup usia pada Minggu, 25 September 2022.

"Perseroan menyampaikan Bapak Handojo Santosa yang menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan telah meninggal dunia pada Minggu, 25 September 2022,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Maya Pradjono dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (26/9/2022).

Mengutip laman perseroan, Handojo Santosa (57), warga negara Siprus yang berdomisili di Singapura. Pada 1997, ia diangkat sebagai direktur utama perseroan, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Handojo Santosa bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan strategis dan operasional perseroan.

Ia bergaung di perseroan pada 1986 sebagai manajer di divisi minyak nabati di Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Ia bertanggung jawab atas kegiatan operasional harian di divisi tersebut. Dari 1989-1997, ia menjabat sebagai wakil presiden direktur perseroan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.