Sukses

Ingin Investasi sejak Mahasiswa? Simak Dulu Tips Ini

Director of External Affairs Pluang Wilson Andrew mengatakan, salah satu yang harus dipahami sebelum investasi yakni profil risiko.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mahasiswa yang ingin melakukan investasi dengan jumlah uang yang terbatas, tentu saja bisa dilakukan. Meskipun demikian, calon investor mahasiswa ini harus tetap memperhatikan beberapa hal sebelum memulai investasi.

Director of External Affairs Pluang Wilson Andrew mengatakan, salah satu yang harus dipahami sebelum investasi yakni profil risiko.Pertama, mahasiswa yang ingin melakukan investasi harus bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan dan investasi.

"Mahasiswa perlu memilah-milah berapa untuk kebutuhan sehari-hari, berapa yang bisa ditabung dan mana yang untuk investasikan,” ujar Wilson dalam acara kolaborasi Iluni UI dan Pluang, ditulis Sabtu (16/7/2022).

Kedua, sebelum investasi calon investor mahasiswa ini perlu membentuk portofolio yang diinginkan seperti apa.“Membentuk portofolio seperti apa, kalau yang suka investasi konservatif, bisa mencoba ke investasi yang aman misalnya emas digital, reksa dana pendapatan tetap,” kata dia.

Wilson menegaskan, hal utama dalam melakukan investasi adalah mengenali profil risiko dan perlu riset tentang investasi itu sendiri.

"Tetap kuncinya kenali profil risiko, harus riset sendiri, karena harus mengenali juga investasi ini seperti apa,” ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pluang Gandeng Iluni UI Genjot Literasi Keuangan Generasi Muda

Sebelumnya, selama lima tahun terakhir, pasar modal Indonesia tumbuh delapan kali lipat, ditandai  dengan jumlah investor Tanah Air yang meningkat signifikan hingga 9,09 juta investor pada Juni 2022.  

Sayangnya, Survei Nasional Literasi Keuangan 2019 masih menunjukkan rendahnya tingkat literasi keuangan  masyarakat, yakni pada angka 38,03 persen, di mana tingkat literasi pada sektor jasa keuangan pasar modal masih  sangat rendah, yakni 4,92 persen. 

Merespons kondisi ini, platform investasi multi-aset, Pluang, berkolaborasi dengan  Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi di kalangan  anak muda. 

Chief of Special Projects Pluang, Ronny Hutahayan menuturkan, salah satu tantangan yang dihadapi  para investor muda dan pemula adalah memahami profil risiko diri sendiri dan produk-produk investasi yang beredar. Padahal, pemahaman ini sangat penting agar seseorang tidak salah membangun fondasi portofolio aset  investasi. 

"Keuntungan dan kerugian merupakan risiko yang akan dialami investor dalam usaha mencapai  kebebasan finansial. Karenanya, memahami profil risiko perlu juga diimbangi dengan kepekaan terhadap  lonjakan pasar, kondisi makro, serta kondisi geopolitik. Pemahaman inilah yang ingin kami bagikan kepada para  investor muda dan pemula yang dimulai dari kerja sama dengan ILUNI UI,” ungkap Ronny dalam keterangan resminya, Jumat (15/7/2022).

3 dari 5 halaman

Disambut Baik

Senada dengan Ronny, Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian menilai adanya kebutuhan akan edukasi  semacam ini di kalangan civitas kampus. Oleh karena itu, Andre menyambut baik kolaborasi bersama Pluang  melalui berbagai kegiatan literasi keuangan. 

"Kami berharap kolaborasi bersama Pluang ini mampu membuka  wawasan rekan-rekan alumni muda untuk bijak berinvestasi, serta menjadi wadah berbagi pengalaman dan tips  bagi mereka yang baru memulai perjalanan berinvestasi,” tutur Andre.  

Konferensi Pers "Penandatanganan Nota Kesepahaman Pluang dengan ILUNI UI: Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Literasi Keuangan Investor Muda dan Pemula” ini menghadirkan pembicara ahli, seperti Wilson Andrew, Director of External Affairs dari Pluang, Deny Giovanno.

Selain itu, Wakil Ketua Millennial and Business Center  ILUNI UI, Michael Victor Sianipar, Co-Chair Youth-20 (Y20) Indonesia 2022 dan Bayu Satria Utomo, Ketua BEM  UI, yang saling berbagi cerita mengenai pentingnya peran generasi muda Indonesia dalam mendukung  pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital. 

4 dari 5 halaman

Teken MoU

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini menjadi awal dari serangkaian kegiatan literasi finansial yang akan  dilakukan Pluang dan ILUNI UI hingga akhir tahun 2022.  

Selain itu, kerja sama Pluang dan ILUNI UI juga merupakan bukti nyata komitmen Pluang dalam agenda transformasi digital Youth 20 (Y20) untuk meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan generasi muda.  

"Demografi investor muda dan pemula di Pluang didominasi oleh generasi milenial dan zilenial yang notabene  bagian dari civitas kampus. Hal inilah yang membuat kami ingin terlibat secara langsung dengan jejaring  universitas untuk bisa menargetkan program edukasi keuangan yang tepat sasaran," ujar Director of External Affairs Pluang Wilson Andrew.  

Ia menambahkan, mulai mempelajari  manajemen kekayaan sedari dini akan membuat para generasi muda lebih siap mencapai berbagai tujuan  keuangan di masa depan.

Co-chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar juga turut mengapresiasi komitmen Pluang dalam  mendorong agenda peningkatan kesadaran keuangan digital, Y20 mendukung inisiatif Pluang sebagai official  partner kami dalam mendemokratisasi manfaat dari transformasi digital. Peningkatan kesadaran keuangan  digital diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang melek finansial dan bijak dalam berinvestasi.

5 dari 5 halaman

Slanjutnya

Pluang juga akan berpartisipasi sebagai salah satu narasumber The Digital and New Economy Course Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada Agustus 2022 mendatang. Dalam kesempatan ini, Pluang  akan berbagi tentang potensi dari perkembangan teknologi Web 3.0 seperti blockchain dan aset digital seperti  aset kripto. 

Inisiatif ini memperkuat komitmen Pluang dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan  generasi muda Indonesia dalam memilih produk-produk investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan  finansial mereka. 

Kedepannya, Pluang dan ILUNI UI menghadirkan topik-topik edukasi yang beragam dan relevan bagi generasi  muda, mulai dari tips berinvestasi di tengah ketidakpastian global, tips memulai usaha dan pengelolaan  keuangan, hingga peran investasi dalam mendukung keberlangsungan bisnis entrepreneur pemula. 

Forum  diskusi ini juga menjadi wadah komunikasi bagi mahasiswa dan alumni di lingkungan UI untuk saling tukar  wawasan mengenai investasi, membangun jaringan, dan memperluas bisnis yang dimiliki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.