Sukses

Sharif Cicip Sutardjo, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Jadi Presiden Komisaris BUMI

Pemegang saham mengangkat Sharif Cicip Sutardjo sebagai Presiden Komisaris PT Bumi Resources Tbk pada RUPST BUMI.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang diselenggarakan Selasa. 31 Agustus 2021 menyepakati pergantian manajemen Perseroan.

Pemegang saham mengangkat Sharif Cicip Sutardjo sebagai Presiden Komisaris. Menggantikan Rosan Perkasa Roeslani yang telah mengundurkan diri untuk menjalankan peran barunya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Merujuk laman PT Bumi Resources Tbk, Sharif Cicip Sutardjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2011-2014.

Pria kelahiran Yogyakarta, 10 Oktober 1948 itu juga pernah menjabat Ketua Dewan Penasehat Kadin periode 2009-2010 dan 2019-2020, Ketua Umum Indonesia China Business Council (ICBC) periode 2002-2006, Ketua Kadin Indonesia Komite Cina periode 1996-2004, Ketua Umum Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 1986-1989 dan menjabat sebagai anggota MPR RI selama tiga periode, sejak 1987 – 1999.

Sharif memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dan Politik dari London Economic and Political Institute, London. Lalu ia memperoleh gelar Master bidang Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung pada 2009, dan gelar Doktor bidang Ilmu Hukum dari perguruan tinggi yang sama pada 2013.

Dengan profesionalisme dan pengalaman berorganisasi selama kurang lebih 40 tahun di institusi pemerintah maupun swasta, saat ini Sharif masih aktif sebagai pemakalah atau pemateri pada berbagai pelatihan dan seminar mengenai masalah ekonomi dan bisnis. Juga sebagai narasumber media massa nasional dan internasional.

Sharif saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar sejak 2016, Ketua Dewan Penasehat Indonesia China Business Council (ICBC) sejak 2006, dan Komisaris Utama PT Persija.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Adhika Andrayudha Bakrie

Selain Sharif, RUPS juga mengangkat Adhika Andrayudha Bakrie sebagai Komisaris Perseroan. Adhika merupakan generasi ketiga dari keluarga Bakrie. Pria kelahiran Jakarta, 3 Mei 1984 itu merupakan anak dari Nirwan Bakrie - adik Aburizal Bakrie.

Adhika Andrayudha Bakrie, memperoleh gelar Sarjana dari Newbury College, USA pada 2007. Ia memulai karier sebagai Investment Banking di Credit Suisse, New York, dan sebagai Investor Relation di PT Bumi Resources Tbk., kemudian menjabat sebagai Deputy CEO di PT Bumi Resources Mineral Tbk, dan Direktur di PT Kaltim Prima Coal.

Saat ini, Adhika menjabat sebagai Direktur di PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk, PT Arutmin Indonesia, PT Petromine Energy Trading, PT Bakrie Capital Indonesia, serta menjabat sebagai Komisaris di PT Bumi Resources Minerals Tbk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.