Sukses

Hengkang dari Bank KB Bukopin, Rivan Purwantono Didapuk Jadi Dirut Jasa Raharja

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) menyetujui pengunduran diri Direktur Utama (dirut) Perseroan, Rivan Purwantono.

Dilansir dari keterbukaan informasi BEI, Bank KB Bukopin menyatakan telah menerima surat pengunduran diri Rivan pada 15 Juni 2021.

Bertepatan dengan itu, RUPS PT Jasa Raharja (Persero) mengangkat Rivan Kurniawan sebagai Direktur Utama. Rivan mengungkapkan telah rampung dalam menyelesaikan tugasnya untuk penyelamatan dan recovery Bukopin pascakrisis tahun lalu.

”Bagi saya, semua ini merupakan perjalanan hidup yang luar biasa, setiap tugas yang diberikan kepada saya merupakan mandat yang harus dijalankan sebaik mungkin,"  kata Rivan dalam keterangannya, Kamis (16/7/6/2021).

Kiprah Rivan di KB Bukopin

Pada masa kepemimpinan Rivan sebagai Presiden Direktur Bank KB Bukopin, Perseroan telah berhasil melewati dinamika progresif selama satu tahun terakhir. Melalui keberhasilannya sebagai transformational leader, Rivan berhasil memimpin serangkaian proses transformasi sejak September 2020. Berbagai upaya telah dikontribusikan Rivan untuk mengembalikan citra dan kepercayaan nasabah.

Diawali dengan adanya penambahan modal dan dukungan likuiditas dari KB Kookmin Bank hingga resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali, berlanjut ke proses rebranding untuk memperkuat brand image Perseroan.

Kuatnya dukungan PSP menjadi bukti kepada masyarakat akan sosok KB Kookmin Bank yang berkomitmen penuh terhadap penguatan fundamental KB Bukopin.

Di sisi kepemimpinan, luwesnya gaya komunikasi Rivan membantu image KB Bukopin sebagai Perseroan yang aktif menyampaikan perkembangan Perseroan.

Sejak Oktober 2020 hingga saat ini, Bank KB Bukopin mendapatkan pengakuan atas penguatan dan perbaikan kondisi Perseroan, mulai dari kenaikan peringkat dari Fitch Ratings menjadi AAA dan disusul kenaikan peringkat Pefindo juga ke tingkat tertinggi idAAA pada Juni 2021.

"KB Kookmin Bank sebagai PSP telah mempersiapkan jajaran manajemen yang kuat. Perubahan susunan manajemen adalah hal yang wajar untuk perusahaan terbuka. Manajemen KB Bukopin akan melanjutkan hal-hal yang sudah kita capai bersama hingga saat ini, sehingga saya yakin ke depannya KB Bukopin akan semakin kuat dan mewujudkan misi menjadi bintang finansial Indonesia," ujar Rivan.

2 dari 3 halaman

Hasil RUPS

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) menyetujui perombakan jajaran Direksi dan Komisaris Perseroan untuk masa jabatan 2021-2023.

Sebelumnya, jelang RUPS yang digelar Kamis, (16/6/2021), sejumlah Direksi dan Komisaris perseroan mengajukan pengunduran diri. Dilansir dari keterbukaan informasi BEI, BBKP menyatakan telah menerima surat pengunduran diri Rivan A Purwantono selaku Direktur Utama (Dirut) Perseroan pada 15 Juni 2021.

Selain itu, perseroan juga telah menerima surat pengunduran diri Adhi Brahmantya dan Jong Hwan Han selaku direktur perseroan masing-masing pada 16 dan 15 Juni 2021. Adapun pengunduran diri Adhi Brahmantya akan efektif pada 16 Juli 2021, sedangkan Jong Hwan Han pada 15 Juli 2021.

Tak hanya direksi, Perseroan juga menerima surat pengunduran diri komisaris yaitu Deddy SA Kodir pada 16 Juni 2021,dan Chang Su Choi pada 15 Juni 2021.

Dalam RUPS, pemegang saham menyetujui pengangkatan Chang Su Choi menjadi Direktur Utama, menggantikan Rivan A Purwantono. Dengan begitu, susunan terbaru Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

 

Dewan Komisaris

1. Komisaris Utama Independen: Bo Youl Oh

2. Wakil Komisaris Utama Independen: Sapto Amal Damandari 

3. Komisaris: Susiwijono 

4. Komisaris: Nam Hoon Cho

5. Komisaris: Nanang Supriyatno

6. Komisaris Independen: Hae Wang Lee

7. Komisaris Independen: Tippy Joesoef

8. Komisaris Independen: Stephen Liestyo

 

Direksi

1. Direktur Utama: Chang Su Choi

2. Wakil Direktur Utama: Roby Mondong

3. Direktur: Hari Wurianto

4. Direktur: Helmi Fakhrudin

5. Direktur: Dodi Widjajanto

6. Direktur: Ji Kyu Jang

7. Direktur: Shin Seng Hyup

8. Direktur: Yohanes Suhardi

9. Direktur: Iwan Dharmawan

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini