Sukses

Menakar Peluang Saham ANTM Setelah Masuk Indeks MSCI

Liputan6.com, Jakarta - Berlaku 26 Februari 2021, saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) masuk konstituen MSCI Global Standard Index. Benarkah hal ini menjadi sentimen positif dan memberikan dampak baik bagi prospek saham ANTM?

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Pasar Modal MNC Asset Manajemen Edwin Sebayang menyebut ANTM memiliki peluang lebih besar untuk menjadi salah satu emiten pilihan investor global.

"Mereka masuk dalam MSCI berarti mereka masuk dalam radarnya investor global. Biasanya investor global akan melihat saham apa saja yang masuk ke dalam MSCI. Ini membuka peluang pada saham Antam," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (11/2/2021).

Tak hanya itu, peluang kenaikan saham juga diakui Edwin akan terjadi karena peluang investasi terbuka lebih besar. Meski demikian, Antam tentu harus memberikan evaluasi menarik untuk memikat investor global.

"Sebelum masuk MSCI mereka sudah memenuhi beberapa kriteria, kalau memang investor global merasa masih murah dan prospeknya menarik, mereka akan beli dan tentu harganya juga akan mengalami kenaikan," ujarnya.

Terkait prospek ke depan, Edwin menegaskan, investor tentu akan melihat perkembangan bisnis Antam. Apakah semua rencana yang dijabarkan tahun ini akan berjalan secara maksimal.

Bila sesuai harapan, tentu perkembangan saham Antam akan semakin cemerlang. Namun bila tak sesuai harapan, bukan tak mungkin justru terdapat penurunan.

"Investor membeli saham Antam mereka melihat bisnis yang akan mereka lakukan, seperti baterai. Mudah-mudahan teralisasi dan memberikan dampak fundamental yang baik. Tapi kalau tidak teralisasi market akan melakukan readjustment. Saat ini mereka masih membeli terkait adanya peluang," tuturnya. 

 

2 dari 3 halaman

Gerak Saham ANTM

Morgan Stanley Capital International (MSCI) kembali rilis daftar komposisi saham atau rebalancing saham terbaru yang menjadi pembentuk perhitungan indeks MSCI . Perubahan ini akan berlangsung pada penutupan 26 Februari 2021.

Di wilayah Asia Pasifik terutama Indonesia, MSCI menambah satu saham yang masuk daftar komposisi saham di MSCI Global Standard Index yaitu PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).  Sementara itu, MSCI mengeluarkan saham PT Ace Hardware Tbk. Hal itu diumumkan MSCI pada 9 Februari 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini