Sukses

Bursa Asia Mendatar Dipengaruhi Kebijakan ECB

Bursa Asia bergerak mendatar pada penutupan pembukaan perdagangan Jumat (9/12/2016), hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Bursa Asia bergerak mendatar pada penutupan pembukaan perdagangan Jumat (9/12/2016), hari ini. Kondisi ini dipengaruhi langkah European Central Bank (ECB) yang mengurangi program pembelian surat utang.

MSCI Broadest Indeks Asia Pasifik di luar Jepang bergerak mendekati level yang sama pada penutupan sesi di awal perdagangan, siap untuk kenaikan mingguan 2,2 persen.

Sementara Indeks Jepang, Nikkei naik 0,6 persen, atau 2,4 persen secara mingguan di mana dolar juga menguat 0,6 persen terhadap yen.

European Central Bank menyatakan bahwa mereka kan mengurangi pembelian aset bulanan menjadi 60 miliar euro pada April, dari angka sebelumnya 80 miliar euro, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (9/12/2016).

Selain itu juga, mereka memutuskan untuk memperpanjang program pembelian dari Desember ke Maret, lebih panjang dari yang diperkirakan analis.

Itu menyeret turun imbal hasil selama dua tahun, dan mempertajam kurva imbal hasil. Itu dianggap hadiah untuk bank yang biasa meminjam dalam tempo pendek dan panjang.

Janji untukn tarif yang lebih rendah lebih lama diambil sebagai lampu hijau untuk melakukan perdagangan, di mana investor meminjam euro dengan harga murah untuk berinvestasi di mata uang yang punya imbal hasil lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini