Sukses

Keindahan Pantai-Pantai Tersembunyi di Gunungkidul, Cocok Jadi Tujuan Wisata Akhir Pekan

Dari jumlah tersebut, ada beberapa pantai yang cukup tersembunyi dan jarang dikunjungi. Berikut deretan pantai tersembunyi Gunungkidul.

Liputan6.com, Gunungkidul - Potensi wisata pantai Gunungkidul memang telah menjadi incaran wisatawan dari berbagai daerah. Wilayah ini kerap menjadi tujuan wisata para pelancong yang mampir ke Yogyakarta.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, saat ini ada sekitar 25 pantai yang sudah tercatat dan memiliki nama di kawasan Gunungkidul. Tentunya, masing-masing pantai memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa pantai yang cukup tersembunyi dan jarang dikunjungi. Berikut deretan pantai tersembunyi Gunungkidul:

1. Pantai Grigak

Pantai Grigak terletak di Desa Giriwungu, Panggang, Gunungkidul. Pantai ini memiliki ciri khas berupa tebing-tebing karst yang menjulang tinggi.

Keindahan tebing itu mengeliling hamparan pasir putih di Pantai Grigak. Wisatawan bisa melakukan aktivitas seru di sini, seperti bermain snorkeling dan jika beruntung bisa bertemu penyu-penyu berenang bebas.

2. Pantai Jogan

Pantai Jogan sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai dan air terjun sekaligus. Terdapat ujung aliran sungai yang airnya jatuh langsung ke pantai, layaknya air terjun.

Keindahan tersebut menjadi ciri khas tersendiri di Pantai Jogan karena termasuk pemandangan langka di Indonesia. Untuk menikmati keindahan air terjun dan pasir pantai di Pantai Jogan, wisatawan bisa melakukan canyoning atau turun tebing menggunakan tali di antara air terjun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Kesirat

3. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat menjadi salah satu pantai yang menjadi salah satu spot terbaik menikmati sunset. Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya, pantai yang terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Panggang, ini tidak memiliki pasir putih.

Daya tarik utama di Pantai Kesirat adalah pemandangan tebing karangnya yang berpadu sempurna dengan suara deburan ombak. Terdapat spot berupa hamparan rerumputan hijau di atas tebing yang kerap menjadi lokasi kemah wisatawan.

4. Pantai Srakung

Pantai Srakung sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Pantai yang berlokasi di Desa Pucung, Girisubo, Gunungkidul, ini masih tergolong sepi, layaknya private beach.

Meski masih sangat sepi, kebersihan dan keasrian pantai ini tak diabaikan. Untuk sampai ke Pantai Srakung, wisatawan harus menuruni tebing terlebih dahulu.

5. Pantai Watunene

Pantai Watunene berlokasi di Kapanewon Tepus, Gunungkidul. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar tantangan. Pantai yang masih tergolong baru ini bisa ditempuh dengan menggunakan jip dan berjalan kaki menuruni jalan setapak dari tebing karst.

Lokasi Pantai di Gunungkidul ini dikelilingi tebing karst setinggi kurang lebih 100 meter. Tak heran, jika pantai ini kerap disebut sebagai salah satu surga tersembunyi di kawasan Gunungkidul.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini