Sukses

Jadwal Puasa Arafah Idul Adha 2024, Berikut Niat dan Keutamaanya

Puasa Arafah merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Berikut ini adalah bacaan niat dan keutamaan puasa arafah.

Liputan6.com, Bandung - Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim terutama di bulan Dzulhijjah. Pasalnya bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang suci dan mempunyai keutamaan dari bulan lainnya.

Melansir dari Nu Online memasuki sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Termasuk di antaranya puasa sunah, dzikir, sedekah, membaca Al-Quran dan lain-lain.

Bahkan anjuran terkait melaksanakan ibadah sunah di bulan Dzulhijjah juga disebutkan dalam hadits sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

    مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Artinya: “Tidak ada hari di mana amal saleh padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: “Tidak juga dari jihad fi sabilillah?” Beliau menjawab “Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya””.

Kemudian dalam buku Kembalilah Kepada Allah Abd. Rahem mengatakan bahwa kaum muslimin dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh berkenaan dengan keutamaan bulan Dzulhijjah terutama di 10 hari pertama.

Diketahui Puasa Arafah sendiri dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau bertepatan dengan jemaah haji yang sedang melakukan wukuf di Arafah. Kemudian di tahun ini berdasarkan hasil sidang isbat Idul Adha 2024 1 Dzulhijjah jatuh pada 8 Juni 2024.

Sehingga Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah tahun ini akan bertepatan di hari Minggu, 16 Juni 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Arafah

Pada bulan Dzulhijjah terdapat ibadah sunah yang dapat dilaksanakan termasuk di antaranya adalah puasa sunah. Berikut ini lafal niat puasa arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah:

Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

Berikut ini adalah bacaan niat puasa hari ke-9 Dzulhijjah atau puasa arafah yang bisa dibacakan:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala).

Artinya: “Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah ta’ala

Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) siang hari

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِعَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma hadzal yaumi an ada’i arafata sunnatan lillahi ta’ala).

Artinya: “Saya niat puasa sunah Arafah hari ini karena Allah ta’ala”.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Arafah

Melaksanakan ibadah sunah tentunya mempunyai banyak keutamaan hingga manfaat yang akan diraih oleh umat muslim seperti berikut ini:

1. Mendapatkan penghapusan dosa

Puasa Arafah diyakini dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang. Dengan melaksanakan puasa ini dengan sungguh-sungguh, umat Muslim memiliki kesempatan untuk memperoleh keampunan Allah dan membersihkan diri dari dosa-dosa.

2. Meningkatkan keimanan dan kesalehan

Puasa Arafah memperkuat ikatan spiritual seseorang dengan Allah. Dalam menjalankan ibadah ini, umat Muslim mengorbankan keinginan duniawi untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Hal ini dapat meningkatkan keimanan, kesalehan, dan kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas yang membatalkan puasa, umat Muslim mengorbankan keinginan jasmani demi mendapatkan keridhaan Allah. Ibadah ini merupakan wujud ketaatan dan kesungguhan dalam menjalankan perintah-Nya.

4. Meneladani Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW adalah panutan bagi umat Muslim. Beliau sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk menjalankan puasa Arafah. Dengan melaksanakan puasa ini, umat Muslim mengikuti jejak dan teladan Rasulullah, sehingga mendekatkan diri kepada-Nya dan meraih keberkahan yang Dia janjikan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Sunah Dzulhijjah

Mengutip dari situs Nu Online pada bulan Dzulhijjah terdapat tiga puasa sunah yang bisa dilaksanakan oleh umat muslim. Di antaranya adalah puasa Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah.

Pada puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah dan puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sementara untuk puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Lebih lengkapnya lagi berikut ini adalah jadwal puasa sunah Dzulhijjah yang dikonversi pada penanggalan kalender Masehi:

  • 1 Dzulhijjah 1445 H | 8 Juni 2024.
  • 2 Dzulhijjah 1445 H | 9 Juni 2024.
  • 3 Dzulhijjah 1445 H | 10 Juni 2024.
  • 4 Dzulhijjah 1445 H | 11 Juni 2024.
  • 5 Dzulhijjah 1445 H | 12 Juni 2024.
  • 6 Dzulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024.
  • 7 Dzulhijjah 1445 H | 14 Juni 2024.
  • 8 Dzulhijjah 1445 H | 15 Juni 2024.
  • 9 Dzulhijjah 1445 H | 16 Juni 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.