Sukses

Rekomendasi Danny Pomanto Saat Menjadi Narasumber dan Penanggap di 10th WWF 2024

Wali Kota Makassar Danny Pomanto berharap pemerintah wilayah asia pasifik memerhatikan pengelolaan air.

Liputan6.com, Bali - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dipercaya menjadi narasumber dan penanggap di 10th World Water Forum (WWF) 2024 di Bali bersama wali kota se-Asia Pasifik. Hal itu pun meneguhkan bahwa Danny Pomanto sejajar dengan tokoh dunia. 

Dalam kesempatan itu, Danny Pomanto mengusulkan poin rekomendasi dalam rangka deklarasi kota-kota se-dunia tentang air di hadapan sekitar 50 peserta, termasuk gubernur, wali kota, pengambil kebijakan, perencana, dan pejabat pemerintah lokal dan regional di Asia dan Pasifik.

Ia menjelaskan bahwa sejak tahun 1977, ketika jumlah penduduk mencapai 4,2 miliar jiwa, suhu bumi meningkat 0,2 derajat. Sementara saat ini jumlah penduduknya mencapai 8 miliar jiwa dan kenaikan suhu mencapai 1,4 derajat. 

Menurut wali kota Makassar dua periode tersebut, itulah titik awal terjadinya efek domino bencana. Bumi mengalami akumulasi bencana sehingga menimbulkan risiko bencana yang masif dan kompleks. 

Dia menyebutkan terdapat multi bencana yaitu bencana hidrometeorologi, bencana pandemi, bencana geopolitik dan bencana geomagnetik. 

"Hal ini diperparah dengan siklus bencana geologi yang berdampak pada keseimbangan air," kata Danny Pomanto pada sela-sela acara di Hotel BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu, (22/05/2024).

Sebagaimana contoh, musim kini tidak bisa ditebak lagi. Saat ini, banjir dan kekeringan bisa terjadi dalam satu tahun yang mana kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. 

Berdasarkan pengalamannya, ia menceritakan bahwa, tahun lalu, Kota Makassar mengalami banjir dan kekeringan.

Kondisi ini membuat pemerintah kota mengambil tindakan mitigasi dan adaptasi yang adaptif secara sosial dan spasial. 

"Kami belajar bahwa keterlibatan masyarakat dan kolaborasi multipihak dapat mempercepat pemulihan bencana," ujar Danny di hadapan para tamu-tamu penting di Forum Air Internasional ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Poin-poin Rekomendasi Danny Pomanto

Danny pun berpendapat bahwa dunia sangat membutuhkan pengelolaan air yang lebih kuat dan cerdas. Di akhir paparannya, ia bilang, ada banyak pelajaran dari acara Forum Air Dunia ini. Danny juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berbagi berbagai ilmu dan pengalaman bersama Makassar. 

"Terima kasih kepada UCLG dan UNCRD yang telah mengundang Makassar pada acara ini," ucapnya.

"Mari selamatkan planet kita, mari berhemat dengan air kita. Bertindak sekarang, berbeda, dan bersama-sama," pesannya.

Selain Danny Pomanto, tokoh yang turut menjadi narasumber dan penanggap di antaranya, Mayor of Kumamoto Japan Kuzafumi Onishu, Governor of Province, President of the Union of Local Authorities of the Philippines (ULAP), President of UCLG ASPAC yakni Dakila Carlo Cua 

Vice Mayor of Siem Reap Kamboja Azimah Math, Mayor of Nilphamari Municipality sekaligus President of Municipal Association of Bangladesh Dewan Kamal Ahmed,  Deputy Director of Hunan Xiangiang New Area Agriculture Rural Affairs, Ecology and Environment Bureau Changsha City yakni Jin Shengli. 

Adapun poin rekomendasi Danny Pomanto yang merupakan komitmen bersama dalam 10th WWF 2024 di Bali yakni kebijakan mitigasi dan adaptasi yang kuatk, olaborasi dan koordinasi yang kuat di seluruh tingkat kewenangan, kepemimpinan yang kuat dan adaptif, dan keterlibatan komunitas yang kuat. 

Selain itu, Danny juga merekomendasikan pendekatan smart city untuk menjadikan kota cerdas dan menjadikan masyarakat cerdas (smart solution), komitmen teknologi hijau, revisi rencana tata ruang (biru dan hijau), inisiatif dekarbonisasi dan oksigenisasi serta perubahan perilaku sosial.

 

Simaklah video pilihan berikut ini;

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.