Sukses

Resmi Dilepas, Kuota Jemaah Haji Garut Kembali Normal Selepas Pandemi Covid-19

Alhamdulillah seluruh tahapan (persiapan) bisa dilalui dan hari ini kita bisa melepas secara keseluruhan jemaah haji dari Garut yang nanti beberapa hari kemudian akan diberangkatkan per kloter.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat secara resmi melepas sekitar sekitar 2003 jemaah haji asal Garut pada musim haji 2024. Jumlah itu naik 92 orang yang menunjukan kuota jemaah haji asal Garut kembali normal setelah pandemi Covid-19.  

“Alhamdulillah seluruh tahapan (persiapan) bisa dilalui dan hari ini kita bisa melepas secara keseluruhan jemaah haji dari Garut yang nanti beberapa hari kemudian akan diberangkatkan per kloter,” ujar Pj Bupati Garut Barnas Adjidin, selepas pelepasan jemaah haji Garut di Gedung Patriot, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, seluruh persiapan keberangkatan jemaah haji asal Garut yang dilakukan Kemenag Garut berlangsung lancar. Dalam pelepasan haji itu, seluruh jemaah siap diberangkatkan dalam kondisi sehat.

“Mudah-mudahan menjadi haji mabrur haji terbaik bagi dirinya dan juga dilancarkan dalam perjalanannya,” kata dia.

Untuk melayani seluruh jemaah haji asal Garut, kemenag telah menyiapkan sekitar 40 petugas haji terlatih yang dibagi ke dalam lima kloter keberangkatan.

“Terima kasih kepada seluruh petugas yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dari awal sampai hari ini,” kata dia.

Kepala Kemenag Garut Saepulloh mengatakan untuk pertama kali sejak pandemi Covid-19, kuota haji jemaah haji asal Garut kembali normal.

“Totalnya 2043 tambah 40 orang petugas haji yang terbagi dalam lima kloter keberangkatan,” papar dia.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah haji asal Garut, lembaganya telah menyiapkan puluhan petugas terlatih selama pelaksanaan ibadah musim haji 2024.

“Kami berharap seluruh jemaah merasa nyaman, adem, tertib dalam melaksanakan rukun hajinya, sunat haji sehingga mereka kemudian menjadi haji mabrur saat kembali ke tanah air,” kata dia.

Berdasarkan data keberangkatan yang diterima Kemenag Garut, keberangkatan perdana jemaah haji asal Garut akan dimulai kloter 2 yang berangkat pada 10 Mei mendatang. “Keberangkatan pertama akan dilepas langsung pak Bupati,” kata dia.

Kemudian kloter 16 diberangkatan pada tanggal 16 Mei 2024, kloter 31 akan diberangkatkan pada tanggal 24 Mei 2024, Kloter 39 akan diberangkatkan tanggal 29 Mei 2024. “Keberangkatan terakhir akan dilakukan kloter 55 yang diberangkatkan 5 Juni sehingga tergabung dalam lima kloter,” dia merinci.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.