Sukses

Intip, 6 Tempat Makan Bakso Gepeng Nikmat di Jakarta

Bakso merupakan makanan yang populer di antara masyarakat Indonesia. Salah satu jenis bakso yang memiliki penggemar besar adalah Bakso Gepeng.

Liputan6.com, Bandung - Hampir seluruh masyarakat yang tinggal di Indonesia pasti mengetahui apa itu makanan “Bakso”. Bakso merupakan hidangan populer yang mempunyai penggemar cukup besar di Indonesia.

Makanan ini bahkan bisa ditemukan di penjual kaki lima atau bahkan restoran bintang lima. Bakso juga identik dengan sajian yang nikmat dikonsumsi bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Sebagai informasi bakso ternyata dikenal sebagai makanan yang dibawa oleh para pedagang Tiongkok. Ketika tiba di Indonesia bakso mengalami percampuran atau akulturasi budaya oleh berbagai suku yang ada di Indonesia.

Sebelum masuk ke Indonesia bakso merupakan makanan yang berasal dari cerita di masa Dinasti Ming (1368-1644). Konon seorang pemuda bernama Meng Bo ingin memasakkan daging empuk dan lembut untuk ibunya.

Meng Bo kemudian terinspirasi dengan kue mochi yang saat itu terkenal sebagai cemilan yang terbuat dari ketan yang ditumbuk halus. Dia pun menumbuk daging yang alot dan membentuknya jadi bulatan-bulatan kecil.

Makanan ini juga populer ke seluruh kota di Fuzhou hingga ke seluruh wilayah di Tiongkok. Kemudian makanannya mulai masuk ke Indonesia ketika para pedagang Tiongkok masuk ke Nusantara dan mengenalkannya dengan nama “Bakso”.

Diketahui dalam bahasa Hokkien “Bakso” secara harfiah mempunyai arti daging yang digiling. Namun saat itu sebagian besar masyarakat beragama muslim mereka tidak menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya melainkan menggunakan daging sapi, kambing, ayam, hingga kerbau.

Makanan ini mulai berkembang dan seiring berjalannya waktu banyak menyajikan jenis-jenis yang bervariasi. Salah satunya bakso gepeng yang mempunyai rasa nikmat dan tekstur yang unik di mulut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Makan Bakso Gepeng Nikmat di Jakarta

1. Baso A Fung

Baso A Fung merupakan produk bakso yang sangat populer di Indonesia dan saat ini mempunyai banyak cabang di beberapa daerah. Bakso A Fung juga terkenal dengan bakso gepengnya dengan rasa yang gurih.

Melansir dari media sosial Instagramnya Baso A Fung mempunyai beberapa cabang di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Bakso ini juga bisa ditemukan di mall atau sejumlah bandara.

Selain membuka bisnisnya di sebuah restoran Baso A Fung juga memiliki food truck yang bisa dipesan untuk acara atau kebutuhan kantor.

2. Bakso Gepeng Talib 2

Bakso Gepeng Talib 2 merupakan tempat makan bakso kaki lima yang berlokasi di pinggir jalan pemukiman warga. Tempat makan ini menyajikan tiga jenis bakso menarik mulai dari bakso gepeng, bakso halus, dan bakso urat.

Kemudian bakso ini juga mempunyai tahu putih yang bisa jadi pelengkap untuk satu mangkuk baksonya. Melansir dari ulasan Google Bakso Gepeng Talib 2 meraih rating 4.6 dari total 130 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Talib II No.17 1, RT.1/.RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 07.30 hingga 15.30 WIB.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Bakso Gepeng Haji Ali

Bakso Gepeng Haji Ali terkenal dengan menu bakso gepeng lengkap dengan mi putih, mi kuning, tahu isi bakso, dan bawang goreng taburnya. Makanan ini juga mempunyai harga yang terjangkau.

Tempat ini juga terkenal memiliki kuah kaldu yang gurih dengan sambal yang pasti disukai para pecinta pedas. Berdasarkan ulasan GoFood tempat ini memiliki rating 4.7 dari total 3.080 suara.

Lokasi Bakso Gepeng Haji Ali ada di Jl. Balai Pustaka Timur Nomor 2, Rawamangun, Jati Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta dengan jam buka pukul 07.00 hingga 20.30 WIB.

4. Bakso Gepeng Jeko Rawamangun

Bakso Gepeng Jeko Rawamangun dikenal dengan menu bakso gepeng klasik dan bakso urat. Tempat makan ini memiliki bakso gepeng yang tebal dan menyediakan tahu coklat untuk menu bakso campurnya.

Tempat ini juga menyediakan tambahan lainnya yang bisa dipilih seperti bihun, bawang goreng, atau irisan seledri. Melansir dari ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.5 dari total 571 pengguna.

Bakso Gepeng Jeko Rawamangun berlokasi di Apotik Rini, Jalan Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 21.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Bakso Gepeng Asli Mas Sunarto

Bakso Gepeng Asli Mas Sunarto atau terkenal juga dengan nama Bakso Gepeng Tebet merupakan tempat makan yang tidak hanya menjual menu bakso gepeng tetapi jenis bakso urat, bakso super, hingga bakso telur.

Tempat makan ini juga menyediakan ornamen makanan lain seperti bihun, seledri, hingga bawang goreng. Melansir dari ulasan Google tempatnya meraih rating 4.6 dari total 212 pengguna.

Lokasi Bakso Gepeng Asli Mas Sunarto ada di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.128, RT.2/RW.6, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 20.30 WIB.

6. Bakso Gepeng Super King 89

Tempat makan ini terkenal sebagai tempat makan bakso dengan variasi yang beragam. Diketahui tempatnya menyediakan banyak jenis bakso seperti bakso gepeng, bakso urat, hingga bakso halus.

Kemudian tidak hanya bakso tempat ini juga menjual menu makanan lain seperti kwetiau, nasi goreng, nasi siram,bakmi, dan lain-lain. Berdasarkan ulasan Google tempatnya meraih rating 4.5 dari total 378 pengguna.

Lokasi Bakso Gepeng Super King 89 ada di Jalan Taman Surya Boulevard 2, Pegadungan, Kalideres, RT.1/RW.15, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.30 hingga 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.