Sukses

Warga Sukabumi Dikejutkan dengan Temuan Senjata Api yang Terkubur di Permukiman

Seorang warga dikejutkan dengan temuan dua buah senjata api laras panjang yang terkubur tak jauh dari pemukiman.

Liputan6.com, Sukabumi - Asep Burdah (49) warga Kampung Selaawi, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, baru-baru ini dikagetkan dengan penemuan dua paket Senjata Api (Senpi) laras panjang.

Senpi itu ditemukan terkubur di sekitar kolam ikan milik warga, di Kampung Cimahi, Rt 02/01, Desa Selajambe pada Senin (29/4/2024). Asep menceritakan, penemuan itu bermula saat dia bekerja untuk memperbaiki saluran air pada kolam ikan yang bocor. Namun, setelah satu meter penggalian, dia sempat kesulitan saat mencangkul karena terhalang benda keras.

“Saya itu kan kerja nyangkul di situ, mau benerin kolam yang bocor. Itu di belakang sekolah SDN Cimahi Selajambe. Nah pas ngegali itu kirain saya ada batu soalnya keras pas dicangkul itu, tahunya itu senjata,” ujar Asep saat ditemui dirumahnya pada Selasa (30/4/2024).

Dirinya sempat mengira temuan senjata api itu hanya mainan, tetapi ketika terus digali, Asep menemukan sejumlah benda lainnya seperti kotak peluru (magazin) serta isi pelurunya.

“Pertama mah saya kira kan cuman mainan, pas terus digali ada satu lagi senjata api, digali lagi ada pelurunya juga sama wadah peluru katanya dua itu,” ungkapnya.

Dia mengaku khawatir, jika meneruskan menggali area tanah terdapat senpi itu. Dia takut, jika ada senjata lainnya seperti granat. Namun, baru saja dia menyelesaikan galian itu, Asep menyebut, kembali menemukan dua unit diduga kotak peluru.

Selain itu, dia menduga kemungkinan masih ada temuan barang lainnya jika terus menggali di sekitar lokasi.

"Habis itu sudah saja dan takut kan jadi nggak dilanjutin (gali tanah) udah weh da takut ada granatnya kan. Tadi tuh digali lagi jam 09.00 WIB, ada lagi cuman itunya aja wadah pelurunya ada dua disimpen aja di rumah yang punya tanah,“ tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Ungkap Jenis Senjata

Kapolsek Cisaat Resor Sukabumi Kota, AKP Yanto Sudiarto membenarkan temuan senjata api laras panjang dan amunisi peluru tersebut dari laporan warga. Dia mengatakan, semua barang bukti dalam kondisi berlumpur dan berkarat, serta beberapa bagian dalam kondisi rusak.

“Benar telah ditemukan diduga 2 pucuk senpi Jenis senjata bahu, merk Stand kaliber 9 mm, 1 amunisi peluru aktif kaliber 7.92, 3 selongsong peluru kaliber 7.92, dan 1 proyektil dalam kondisi berlumpur dan berkarat, yang ditemukan oleh saksi saudara Asep Burdah,” ujar Yanto dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Kedua senjata dan amunisi peluru ditemukan di sebuah tempat di dalam tanah dekat lokasi kolam ikan milik seorang warga. Yanto mengatakan, saksi kemudian menyampaikan informasi temuan itu kepada saudaranya. Saat ini, barang bukti temuan senjata tersebut diserahkan kepada Sat Intel Polres Sukabumi Kota. 

“Selanjutnya dari Desa Selajambe menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas Desa Selajambe dan Polsek Cisaat mendatangi TKP kemudian mengamankan barang bukti tersebut,” ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini