Sukses

Update Pengetahuan Konstruksi Perkapalan di SV Undip

Teknologi perkapalan terus berkembang dengan mesin-mesin baru, agar menghasilkan lulusan berkompetensi SV Undip terus memperbaharui penguasaan teknologi.

Liputan6.com, Semarang - Laboratorium Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) menambah alat baru, yakni mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2.0. Penambahan alat ini untuk memberikan fasilitas pembuatan part atau prototipe.

Pembaharuan peralatan ini merupakan jalur menuju visi Sekolah Vokasi “Becoming a Center for Vocational (Applied) Education of Excellence and International Standard”.

Sebagai persiapan maka Departemen Teknologi Industri mengirim perwakilan umum mengikuti pelatihan yang diadakan PT Tefa Inspira Indonesia.

Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan (TRKP), mengirim Samuel Febriary Khristyson, S.T dalam penyelenggaraan D-Tech Engineering di Salatiga.

Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Undip, Dr. Mohd. Ridwan, S.T.,M.T menerangkan bahwa laboratorium baru yang akan digunakan oleh Sekolah Vokasi Undip nantinya dapat menciptakan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk pusat pembelajaran Teaching Factory (TEFA).

''Selain itu dengan adanya pengadaan alat CNC Milling 3 Axis Supermill MK- 2.0 ini diharapkan setiap program studi dibawah naungan Departemen Teknologi Industri dapat belajar atau praktik bersama dan melakukan penelitian bersama," katanya.

Mesin dengan spesifikasi Compact Mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2.0 memiliki desain yang super compact dengan dimensi (1474mm x 1873,7mm), mesin ini memiliki bidang kerja (400mm x 300mm x 300mm).

Aplikasi penggunaan mesin ini menggunakan software berbasis CAD (Computer Aided Design) untuk proses desainnya dan CAM (Computer Aided Manufactured) dalam memberikan setting alat end mill yang digunakan dan bagaimana simulasi proses milling yang diinginkan berdasarkan beberapa parameter-parameter yang ada dalam menunya.

Adapun program yang digunakan adalah software Autodesk Fusion, dengan menggunakan software ini mahasiswa dapat belajar melaksanakan persiapan praktik dan pola berpikir proses manufaktur khususnya untuk mata kuliah praktik mesin CNC cutting produksi konstruksi kapal atau mata kuliah sejenisnya yang berkaitan pada kurikulum OBE . Ergonomis mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2 memiliki ukuran yang sesuai postur tubuh orang Indonesia.

Mesin ini termasuk dalam mesin dengan produktifitas tinggi. Mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2 mampu memotong segala jenis logam dan telah teruji selama 10.000 jam untuk memproduksi part-part machining. Terbukti Robust dilengkapi material berteknologi tinggi yang khusus untuk mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2.0.

Material tersebut memiliki damping ratio hingga 5X menahan getaran dibandingkan dengan cast iron. Controller User Friendly pada mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2.0 dilengkapi dengan kontroler yang kami kembangkan sendiri dengan bahasa Indonesia sehingga memudahkan pengoperasian. Dari segi daya cukup hemat daya dan performa maksimal mesin CNC Milling 3 Axis Supermill MK-2.0 dilengkapi dengan input power 1 phase, daya 4500 WA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini