Sukses

Catat, Warna yang Tidak Boleh Dipakai Saat ke Kondangan Pernikahan

Hadir sebagai tamu undangan pernikahan tentunya kita harus mengenakan pakaian yang pantas dan sesuai.

Liputan6.com, Bandung - Acara pernikahan merupakan momen yang sangat berharga dan penting untuk kehidupan seseorang. Pasalnya acara pernikahan menjadi sesuatu yang sakral untuk setiap pasangan yang hendak membangun keluarga harmonis.

Menggelar acara pernikahan biasanya menjadi momen penting bagi para pasangan pengantin untuk membagikan hari bahagia kepada keluarga, teman, hingga rekan kerja. Sebagai tamu pernikahan kita juga penting untuk menghormati kebahagiaan pasangan pengantin tersebut.

Hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghormati hari bahagia tersebut dengan menyesuaikan pakaian dengan acara yang dihadiri. Perlu untuk diperhatikan bahwa menyesuaikan pakaian tidak hanya tentang penampilan tetapi juga cara dalam menghargai.

Pasalnya kita menjadikan waktu tersebut untuk menghargai dan menghormati waktu spesial dan sakral dari sang pengantin. Momen pernikahan adalah kenangan yang bersejarah untuk kehidupan para pasangan tersebut.

Tamu yang hadir harus bisa menyesuaikan diri dengan mengenakan pakaian yang sesuai untuk merayakan hari bahagianya. Biasanya beberapa pernikahan yang memiliki adat istiadat tertentu mengharuskan kita mengenakan pakaian yang sesuai dengan etika umum.

Misalnya mengenakan pakaian yang sopan dan pantas sesuai dengan suasana acara pernikahan tersebut. Kemudian sebagai tamu kita juga perlu menghindari warna pakaian yang tidak cocok digunakan dalam acara pernikahan.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa warna pakaian yang sangat tidak dianjurkan digunakan ketika kondangan pernikahan seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna yang Harus Dihindari Saat jadi Tamu Pernikahan

1. Putih

Warna putih menjadi salah satu warna yang sangat dihindari dalam acara pernikahan ketika menjadi tamu. Pasalnya warna ini identik dengan warna yang diperuntukan bagi para pengantin dan bukan untuk tamu undangan.

Secara tradisional warna putih identik dengan warna gaun pengantin dan menggunakan warna tersebut di acara pernikahan bisa dianggap kurang sopan karena bisa mengalihkan perhatian dari pengantin acara pernikahan.

Ketika seseorang mengenakan pakaian putih sebagai tamu di pernikahan bahkan bisa dianggap sebagai tindakan tidak sopan dan tidak hormat terhadap tradisi serta simbolisme di balik warna putih dalam pernikahan.

2. Hitam

Warna hitam menjadi warna kedua yang sangat tidak dianjurkan digunakan dalam acara pernikahan. Terutama dalam tradisi budaya barat warna ini dipandang sebagai simbol berduka dan kematian.

Ketika seseorang mengenakan pakaian berwarna hitam terutama dalam pernikahan budaya barat bisa dianggap sebagai simbol berduka dan dianggap membawa kesialan untuk pasangan pengantin tersebut.

3 dari 4 halaman

Warna Berikutnya

3. Merah

Pada beberapa negara warna merah menjadi salah satu warna yang harus dihindari ketika menjadi tamu undangan pernikahan. Pasalnya ada beberapa negara yang mengenakan warna merah sebagai pakaian pernikahannya.

Misalnya di negara Skotlandia, India, hingga Korea warna ini kerap digunakan sebagai warna baju pengantin. Kemudian warna merah juga dianggap terlalu mencolok dan menarik perhatian sehingga tidak sopan jika menarik perhatian di acara besar para pengantin.

4. Warna Neon

Warna Neon menjadi warna yang tidak boleh digunakan ketika menjadi tamu dalam acara pernikahan seseorang. Pasalnya warna ini mempunyai warna yang sangat mencolok dan bisa menarik perhatian di acara pernikahan.

Kemudian warna neon juga dinilai tidak pantas digunakan ke acara pernikahan karena terlalu mencolok dan bisa merusak suasana tenang hingga romantis yang umumnya digunakan dalam pernikahan.

4 dari 4 halaman

Warna Selanjutnya

5. Warna Cerah

Warna apapun yang memiliki warna cerah mencolok sangat tidak dianjurkan untuk digunakan dalam acara pernikahan. Pasalnya warna cerah bisa menarik perhatian dan menjadikan pengantin utama tidak terlirik sehingga tidak sopan.

Tentunya untuk mengganti warna tersebut tamu undangan bisa mengenakan warna lain yang jauh lebih lembut. Misalnya mengenakan warna pastel atau busana yang sopan dan tidak terlalu mencolok.

6. Warna Denim

Warna terakhir yang tidak dianjurkan digunakan ketika mengunjungi acara pernikahan adalah warna denim atau kain yang bertekstur denim. Kecuali pihak pengantin memang sudah memberikan kode baju tersebut.

Diketahui warna denim menjadi warna atau jenis pakaian yang terlalu santai sehingga dinilai tidak sopan ketika datang ke acara pernikahan yang formal dan sakral. Para tamu tentunya harus menghindari warna denim apalagi mengenakan celana jeans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini