Sukses

Sinopsis 'Only The Brave', Perjuangan Nyata Petugas Pemadam Kebakaran

Film Only the Brave dijadwalkan tayang pada Selasa (14/5/2024) pukul 23.00 WIB di salah satu stasiun televisi swasta.

Liputan6.com, Bandung - Only the Brave merupakan film tahun 2017 yang mengangkat kisah nyata perjuangan para petugas pemadam kebakar. Film ini diadaptasi dari kisah nyata tragedi kebakaran Bukit Yarnell pada tahun 2013.

Kebakaran Bukit Yarnell terjadi pada 28 Juni 2013 dan dipicu oleh petir kering dengan perubahan pola cuaca yang tiba-tiba sehingga suhunya mencapai lebih dari 100 derajat dengan kekeringan yang memperparah kobaran api.

Sebagai film biografi Only the Brave digarap oleh sutradara Joseph Kosinski yang pernah menggarap film Top Gun: Maverick, Tron: Legacy, hingga Oblivion. Sementara naskahnya ditulis oleh Sean Flynn, Ken Nolan, dan Eric Warren Singer.

Film Only the Brave memiliki durasi film sekitar 2 jam 14 menit dan bisa disaksikan oleh penonton berusia 13 tahun ke atas. Film ini dijadwalkan tayang pada Selasa (14/5/2024) pukul 23.00 WIB di salah satu stasiun televisi swasta.

Melansir dari situs Rotten Tomatoes, film Only the Brave berhasil meraih skor 87% dari total 166 pengulas. Menurut salah satu penonton, film ini berhasil memberikan suatu penghormatan kepada para petugas pemadam kebakaran yang telah mengorbankan dirinya.

Penonton lain juga memuji sang sutradara karena berhasil menampilkan film yang memberikan penghormatan bermartabat atas dedikasi para petugas yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan orang lain.

Kemudian dalam situs IMDb, film Only the Brave berhasil meraih rating 7.6 dari total 78 ribu pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Only the Brave

Film ini mengangkat kisah nyata dari tragedi kebakaran hutan yang berbahaya di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2013 lalu. Melalui filmnya jalan cerita dimulai dengan kehidupan Brendan McDonough (Miles Teller).

Sosoknya digambarkan sebagai pemuda yang memiliki masa lalu kelam dan ingin memperbaiki namanya dengan bergabung dalam tim pasukan pemadam kebakaran. Brendan terpilih menjadi salah satu tim elit bernama Granite Mountain Hotshots.

Tim ini merupakan pasukan khusus pemadam kebakaran yang bekerja di sekitar wilayah hutan dan bukit daerah Yarnell Hill, Arizona, Amerika Serikat. Terdapat sekitar 20 anggota pemadam kebakaran terlatih yang ada dalam tim tersebut.

Granite Mountain Hotshot memiliki seorang ketua bernama Eric Marsh (Josh Brolin) yang dikenal memiliki dedikasi tinggi dan kemampuan memimpin dan tanggung jawab yang besar. Suatu hari terjadi insiden besar pada 30 Juni 2013 akibat sambaran petir yang mengenai kawasan hutan Yarnell Hill.

Akibat petir tersebut memicu kebakaran hebat dan suhu di lokasi kejadian mencapai 2000 Fahrenheit dengan angin yang membuat api mendekati pemukiman penduduk. Karena hal tersebut, tim ini harus beraksi mengatasi insiden tersebut.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Only the Brave

Melansir dari beberapa sumber berikut ini daftar pemain film Only the Brave:

1. Josh Brolin sebagai Eric Marsh.

2. Miles Teller sebagai Brendan McDonough.

3. Jeff Bridges sebagai Duane Steinbrink.

4. Jennifer Connelly sebagai Amanda Marsh.

5. James Badge Dale sebagai Jesse Steed.

6. Taylor Kitsch sebagai Christopher MacKenzie.

7. Andie MacDowell sebagai Marvel Steinbrink.

8. Geoff Stults sebagai Travis Turbyfill.

9. Alex Russell sebagai Andrew Ashcraft.

10. Thad Luckinbill sebagai Scott Norris.

11. Ben Hardy sebagai Wade Parker.

12. Scott Haze sebagai Clayton Whitted.

13. Jake Picking sebagai Anthony Rose.

14. Scott Foxx sebagai Travis Carter.

15. Dylan Kenin sebagai Robert Caldwell.

16. Ryan Michael Busch sebagai Dustin DeFord.

17. Kenneth Miller sebagai Sean Misner.

18. Ryan Jason Cook sebagai William Warneke.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Only the Brave

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini fakta menarik film Only the Brave:

1. Skenario dibuat berdasarkan artikel majalah

Film Only the Brave mempunyai naskah skenario yang dibuat berdasarkan artikel di majalah CQ bertajuk “No Exit”. Diketahui artikelnya ditulis oleh Sean Flynn yang menceritakan kisah 20 petugas pemadam kebakaran yang tergabung dengan tim Granite Mountain Hotshots.

Para petugas tersebut memiliki jasa yang cukup besar untuk menjinakan kebakaran hutan di Yarnell Hill pada tahun 2013 yang mengancam nyawa mereka.

2. Awalnya berjudul “Granite Mountain”

Film Only the Brave awalnya memiliki judul film “Granite Mountain” namun distribusi filmnya berpindah tangan dari Lionsgate ke Sony Pictures. Alhasil Sony Pictures mengubah judul filmnya menjadi Only the Brave.

3. Para aktor mengikuti pelatihan regu pemadam kebakaran

Untuk memerankan karakter para petugas pemadam kebakaran aktor pemain film ini mengikuti pelatihan singkat menjadi regu pemadam kebakaran selama 10 hari. Sehingga melalui filmnya, para aktor bisa benar-benar menampilkan perannya ketika menghadapi kebakaran sungguhan di ketinggian 40 kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.