Sukses

Mengenal Birthday Blues, Menyelami Kegelisahan di Balik Hari Spesial

Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari perasaan tidak puas dengan pencapaian dalam hidup, kecemasan mengenai penuaan, hingga perasaan kesepian

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang merayakan hari kelahiran atau ulang tahun adalah bagian dari momen kegembiraan. Banyak cara untuk merayakan hari kelahiran seperti berpesta hingga perayaan sederhana dengan memanjatkan doa kepada sang pencipta.

Namun, bagi beberapa orang, mungkin ada perasaan yang bertolak belakang saat memasuki hari kelahiran. Mereka kerap mengalami apa yang disebut sebagai Birthday Blues.

Dirangkum dari berbagai sumber, Birthday Blues adalah perasaan sedih atau cemas yang muncul menjelang atau bahkan pada hari ulang tahun mereka. Ini adalah fenomena psikologis di mana seseorang mengalami perasaan sedih, cemas, atau kekecewaan menjelang atau pada hari ulang tahun mereka.

Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari perasaan tidak puas dengan pencapaian dalam hidup, kecemasan mengenai penuaan, hingga perasaan kesepian atau terasing.Salah satu faktor utama yang menyebabkan Birthday Blues adalah harapan yang tidak realistis.

Kadang-kadang, kita membangun ekspektasi yang terlalu tinggi untuk hari ulang tahun kita, berharap akan perayaan yang spektakuler atau hadiah yang luar biasa. Ketika kenyataannya tidak sesuai dengan harapan, kita bisa merasa kecewa atau sedih.

Ini juga bisa menjadi saat untuk refleksi, ketika seseorang menyadari bahwa mereka belum mencapai tujuan yang diinginkan dalam hidup mereka. Selain itu, Birthday Blues juga dapat dipicu oleh perasaan kesepian atau terasing.

Menjelang ulang tahun, seseorang mungkin mulai merenungkan hubungan mereka dengan orang lain, terutama jika mereka merasa bahwa mereka tidak memiliki banyak teman atau keluarga yang akan merayakan bersama mereka.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghargai Pencapaian

Perasaan ini diperparah oleh media sosial, di mana seseorang sering melihat gambar-gambar dari perayaan ulang tahun orang lain, meningkatkan perasaan kesepian dan perbandingan sosial.

Bagaimana mengatasi Birthday Blues? Pertama-tama, penting untuk mengelola harapan. Cobalah untuk merayakan ulang tahun Anda dengan cara yang realistis dan sesuai dengan situasi Anda saat ini.

Bukan berarti Anda tidak boleh merayakan, tetapi cobalah untuk tidak terlalu terpaku pada ekspektasi yang tidak realistis. Selain itu, beri diri Anda izin untuk merasa sedih atau kecewa jika perasaan itu muncul.

Merasa sedih di hari ulang tahun tidak berarti Anda gagal atau tidak bersyukur, itu hanya manusiawi. Selain itu, luangkan waktu untuk merayakan pencapaian Anda dan menghargai hal-hal yang telah Anda capai dalam hidup.

Jangan terlalu fokus pada hal-hal yang belum Anda raih, tetapi apresiasi apa yang telah Anda lakukan sejauh ini. Terakhir, jangan ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekat Anda jika Anda merasa sedih atau cemas.

Berbicara dengan seseorang yang dipercaya bisa membantu mengurangi beban emosional dan memberikan perspektif yang berbeda. Mengatasi Birthday Blues memang tidak mudah, tetapi dengan mengelola harapan, menghargai pencapaian, dan mencari dukungan dari orang-orang terdekat.

Anda bisa melewati momen ini dengan lebih baik. Ingatlah bahwa perasaan sedih atau cemas tidak bertahan selamanya, dan ada banyak hal yang bisa Anda syukuri dalam hidup, bahkan di hari ulang tahun Anda.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.