Sukses

Pelabuhan Bakauheni Siapkan 4 Area Parkir Khusus Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran

Langkah itu disiapkan sebagai langkah sistem tunda (delaying system) yang akan dijalankan apabila terjadi kepadatan kendaraan pada puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisan Daerah Lampung menyiagakan sebanyak empat titik area parkir khusus untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Empat buffer zone atau central parkir kami siagakan di jalur lintas tengah lintas timur (yang menuju Pelabuhan Bakauheni," kata Kepala Kepolisian Daerah Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika kepada wartawan usai menggelar rapat koordinasi bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu.

Ia menjelaskan, langkah itu disiapkan sebagai langkah sistem tunda (delaying system) yang akan dijalankan apabila terjadi kepadatan kendaraan pada puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

Selain buffer zone, Polda juga menyediakan lima titik rest area yang tersebar pada jalur menuju pelabuhan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Ia menjelaskan, daya tampung pada rest area yang disiagakan mencapai 1.200 unit kendaraan, sedangkan buffer zone dapat menampung 360 unit kendaraan.

"Sehingga kalau dijumlahkan maka terdapat 1.560 kendaraan yang bisa kami belokkan ke tempat-tempat tersebut," ujarnya, dikutip Antara.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lonjakan Kendaraan Mulai 12 April 2024

 

Ia mengatakan, apabila pada puncak arus balik, antrean kendaraan semakin panjang hingga 4 kilometer dari gerbang pelabuhan, maka buffer zone dan rest area langsung diaktifkan.

Ia mengatakan, ada juga beberapa tempat alternatif lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, namun ia berharap tidak perlu digunakan karena arus balik kendaraan bergerak dengan lancar.

Sementara itu, ASDP melaporkan jumlah kendaraan roda 2 (R2) dan roda 4 (R4) saat arus balik di lintas Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak, Banten, pada 12 April mulai melonjak hingga di atas 50 persen.

Jumlah kendaraan R2 yang diseberangkan lewat Pelabuhan Bakahueni sepanjang hari Jumat (12/4) mencapai 5.872 unit atau meningkat dari sehari sebelumnya 3.0421 unit. Sedangkan, kendaraan R4 sebanyak 8.899 unit dari sebelumnya 5.371 unit.

Penyeberangan kendaraan di lintas Bakauheni-Merak pada hari kedua setelah Lebaran dilayani oleh 34 kapal dengan jumlah perjalanan sebanyak 111 kali.

ASDP memperkirakan puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni akan terjadi pada 13-14 April 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.