Sukses

Hati-Hati Runtuhan Material Vulkanik Erupsi Gunung Karangetang

Peristiwa runtuhnya material vulkanik hasil erupsi terjadi pada Selasa pukul 01.35 Wita.

Liputan6.com, Sitaro - Warga di Kabupaten Sitaro, Sulut, diminta untuk berhati-hati. Hal ini menyusul material vulkanik Gunung Karangetang yang runtuh dan menuruni alur sungai atau kali yang berhulu dari puncak.

"Peristiwa runtuhnya material vulkanik hasil erupsi terjadi pada Selasa pukul 01.35 Wita," sebut Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karengetang, Yudia P Tatipang pada, Selasa (2/4/2024).

Yudia mengatakan, runtuhnya material vulkanik tersebut bisa saja disebabkan oleh dorongan magma, bisa juga akibat gravitasi.

"Di puncak atau badan Gunung Karangetang banyak material vulkanik yang menumpuk. Material tersebut tidak stabil dan mudah runtuh sewaktu-waktu," ujar Yudia.

Dia mengatakan, material yang jatuh tersebut mengarah ke Kali Kahetang Kelurahan Tarorane, dan Kali Batu Awang Kelurahan Bebali, kedua kelurahan tersebut berada di Kecamatan Siau Timur.

"Kedua kelurahan tersebut tidak terdampak runtuhnya material vulkanik. Runtuhnya material itu terekam peralatan seismik," tuturnya.

Terkait kondisi ini, Yudia berharap masyarakat yang tinggal di bantaran kali atau sungai yang berhulu dari puncak kawah Karangetang tetap berhati-hati atau siaga.

"Kami berharap warga mematuhi radius bahaya yang direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini