Sukses

Catat, Jadwal Kereta Api Tambahan Sribilah Utama Fakultatif untuk Mudik Lebaran 2024 di Sumut

PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) mengoperasikan 1 kereta api tambahan Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantau Prapat pulang-pergi.

Liputan6.com, Medan PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) mengoperasikan 1 kereta api tambahan Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantau Prapat pulang-pergi.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, kereta api tambahan mulai beroperasi 31 Maret hingga 21 April 2024 dengan kapasitas angkut sebanyak 530 tempat duduk.

"Penambahan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2024," kata Anwar, Senin (1/4/2024).

Diterangkannya, tiket kereta api tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Sabtu, 30 Maret 2024 melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Kereta Kelas Ekonomi

Disebutkan Anwar, PT KAI Divre I Sumut menambah 1 perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif per hari dengan rute Medan-Rantau Prapat (PP). KA tambahan tersebut menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi untuk mengakomodir masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman.

Hanya dengan membayar Rp 115.000 sampai dengan Rp 120.000 masyarakat sudah dapat memanfaatkan layanan kereta api tambahan Sribilah untuk mudik Lebaran.

"Hadirnya kereta api tambahan ini menunjukkan kesiapan PT KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi masyarakat, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan selamat, aman dan nyaman," sebutnya.

Dari data yang masuk, sampai dengan Sabtu, 30 Maret 2024, tiket kereta masa Angkutan Lebaran 2024 telah terjual sebanyak 57.052 tiket, atau 26 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 219.208 tiket.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan karena tiket kereta api untuk Lebaran masih cukup banyak tersedia," Anwar menuturkan.

3 dari 4 halaman

Kemudahan Urusan Tiket

Selain memberikan kemudahan pemesanan bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2024, PT KAI Divre I Sumut juga memberikan kemudahan apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pembatalan tiket.

Saat ini, cukup dengan aplikasi Access by KAI masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembatalan atau mengubah jadwal perjalanan kereta api tanpa harus datang langsung ke stasiun.

Pembatalan dan reschedule atau ubah jadwal perjalanan kereta api dapat dilakukan maksimal 1 jam sebelum jadwal kereta api berangkat dengan kode booking yang dimiliki berstatus paid atau terbayar serta belum dicetak sebagai boarding pass.

"Total, PT KAI Divre I Sumut menambah 23.320 tempat duduk untuk kereta api tambahan Sribilah Utama Fakultatif selama masa Angkutan Lebaran dengan pemberhentian di Stasiun Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda dan Rantau Prapat pulang pergi," Anwar menandaskan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Keberangkatan

Berikut jadwal keberangkatan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif:

KA U58A relasi Medan-Rantau Prapat

  • Stasiun Medan: 10.25 WIB
  • Stasiun Tebing Tinggi: 12.31 WIB
  • Stasiun Kisaran: 13.59 WIB
  • Stasiun Mambangmuda: 14.57 WIB
  • Stasiun Rantau Prapat: 16.30 WIB

KA U57A relasi Rantau Prapat-Medan

  • Stasiun Rantau Prapat: 17.05 WIB
  • Stasiun Mambangmuda: 18.19 WIB
  • Stasiun Kisaran: 19.27 WIB
  • Stasiun Tebing Tinggi: 20.55 WIB
  • Stasiun Medan: 22.43 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini