Sukses

Nakama ID Dorong Startup dan UMKM Indonesia Melantai di Bursa

IPO atau Initial Public Offering merupakan kondisi di mana suatu perusahaan secara perdana menjual sahamnya kepada masyarakat umum melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Liputan6.com, Jakarta - Platform mitra usaha Indonesia Nakama.id akan meluncurkan program baru mereka berupa Nakama IPO Fund, yaitu program untuk memfasilitasi startup-startup dan UMKM yang ingin melakukan IPO (Initial Public Offering).

IPO merupakan salah satu tahapan pendanaan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan menawarkan sahamnya ke publik untuk pertama kalinya.

Nakama IPO Fund dirancang sebagai program yang berupaya untuk membantu pertumbuhan bisnis bagi para mitra yang merupakan perwujudan dari visi Nakama.id untuk menjadi sebuah perusahaan venture builder.

Berdiri pada 2017, Nakama.id merupakan sebuah platform mitra pengusaha Indonesia yang membantu, memberdayakan, dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis UMKM dan startup digital.

"Selama hampir 7 tahun, Nakama.id telah mengorganisir program akselerasi dan inkubasi bagi para mitranya, khususnya dalam bidang startup digital," kata Temmy, founder Nakama.id.

Lewat visinya untuk menjadi venture builder, Nakama.id juga telah membangun hubungan partnership dan kolaborasi antara startup, investor, mentor, coach, venture capital membantu para entrepreneur untuk dapat mengakses pasar yang berpotensi dan menjaga hubungan kolaborasi dengan industri dan pemerintah.

Selama 2 tahun terakhir, Nakama.id telah menjadi spesialis hackathon dengan kerjasama bersama beberapa institusi pemerintahan, seperti Kementerian Keuangan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Di tahun 2023, Nakama.id bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan United Nation Development Programme telah berhasil mengadakan KalFor Youth Innovation (KYI) 2023.

Sebuah program yang memiliki fokus khusus di Kalimantan dan bertujuan untuk mencari ide-ide menarik dari para talenta terbaik dari berbagai penjuru Kalimantan yang kemudian diberi pendampingan oleh mentor ahli.

Tak hanya itu, Nakama.id juga berhasil mengorganisir event Hackathon bersama Kementerian Keuangan pada tahun 2022 lalu dengan menggaet sebanyak 200 peserta dari seluruh penjuru Indonesia untuk menciptakan solusi yang berfokus pada Data Science.

Nakama.id telah menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari startup, investor, institusi, mentor, coach, hingga mengembangkan inkubator bisnis di beberapa universitas ternama di Indonesia.

Kali ini, dengan menggandeng perusahaan konsultan dan merupakan salah satu komunitas blockchain terbesar di Asia Tenggara, Satoshi Twenty One (S21), Nakama.id akan menciptakan Chain Reaction yang berperan penting dalam inovasi teknologi dan pertumbuhan bisnis digital.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini