Sukses

Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Deli Serdang, Jokowi Beberkan Beberapa Keunggulan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/3/2024).

Liputan6.com, Deli Serdang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/3/2024).

Jokowi mengatakan, pabrik minyak makan merah akan menjadi nilai tambah dalam negeri. Secara khusus, dapat menambah nilai bagi petani sawit. Ini yang pertama kali, dan sudah berbentuk koperasi.

"Minyak makan merah memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya yaitu harganya yang murah, harganya lebih murah dari minyak goreng di pasaran. Artinya, barang ini bisa bersaing di pasar," kata Jokowi.

Selain itu, minyak makan merah mengandung berbagai vitamin. Mulai dari vitamin A, vitamin E, dan berbagai kandungan lainnya. Minyak makan merah sudah dicoba oleh beberapa chef.

"Para chef tersebut menyebut minyak makan merah berbeda dan lebih enak," Jokowi menyebutkan.

Pabrik minyak makan merah Pagar Merbau dapat mengolah 10 ton minyak sawit mentah setiap hari. Turut hadir Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, dan Bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilirisasi Berbasis Rakyat di Sumut

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, menyambut baik didirikannya industri hilir berbasis koperasi rakyat di Sumut. Diketahui, pabrik minyak makan merah tersebut akan dikelola oleh para petani dan anggota koperasi.

"Kita senang, ini terus kita bentuk ekosistem hilirisasi di Sumut, kita juga senang yang mengelola masyarakat langsung, jadi petani bawa hasil taninya langsung ke sini," ujar Hassanudin.

Dengan bertambahnya ekosistem hilirisasi di Sumut, akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat. Pemprov Sumut saat ini juga sedang memperkuat struktur ekonomi berbasis hilirisasi, khususnya pertanian.

Hassanudin mengatakan, potensi pertanian di Sumut sangat besar. Karena itu, apabila hasil tani diolah menjadi produk turunan, maka potensi Sumut yang sangat besar ini akan meningkatkan perekonomian Sumut, secara signifikan.

"Dengan hilirisasi, kesejahteraan rakyat secara langsung akan meningkat, misalnya dari pertanian, kita bisa memproduksi langsung produk turunannya, ini akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat langsung," kata Hassanudin.

3 dari 3 halaman

Resmikan Sejumlah Ruas Jalan

Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Kamis (14/3/2024), sekitar pukul 09.15 WIB, dalam rangka kunjungan kerja.

Kedatangan Presiden dan Ibu Negara disambut Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danlantamal I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, serta Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Ucok Enrico Hutadjulu.

Dari Bandara, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pabrik Kelapa Sawit Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang. Jokowi dijadwalkan meninjau sekaligus meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau.

Setelahnya, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Tanjungbalai dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Kota Tanjungbalai, Jokowi akan mengunjungi Pasar Kawat dan meresmikan sejumlah ruas jalan daerah di Provinsi Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.