Sukses

Jangan Anggap Remeh, Berikut 5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari jeruk nipis bagi kesehatan.

Liputan6.com, Padang - Jeruk nipis, buah kecil yang kaya akan nutrisi dan memiliki rasa yang segar, seringkali dianggap sebagai salah satu buah ajaib karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan dan minuman, jeruk nipis telah dikenal secara luas karena sifat-sifat penyembuhan dan kesehatannya yang mengagumkan.

Buah dengan bahasa latin Citrus aurantiifolia ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bahan pelezat makanan terutama makanan berkuah seperti sop, soto, serta mie.

Selain itu, jeruk nipis juga dimanfaatkan airnya untuk minuman, seperti wedang, es teh lemon, dan sebagainya. Dikutip dari kemkes.go.id, berikut ini lima manfaat jeruk nipis bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C, di mana kandungan ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga, meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit.

Tidak hanya itu, Citrus aurantiifolia ini merupakan sumber antiooksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan kulit

Adapun manfaat jeruk nipis untuk kulit seperti wajah yaitu, dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, dapat mencerahkan kulit dan meredakan radang jerawat serta menghilangkan kulit mati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat jeruk nipis dalam melancarkan perncernaan yaitu, dapat merangsang pergerakan usus dalam mengatasi masalah sembelit.

4. Menurunkan resiko terkena kanker

Jeruk nipis memiliki kandungan liminoid, kandungan ini berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Peran tersebut dapat menurunkan risiko kanker seperti leukimia maupun kanker usus besar.

5.Mencegah diabetes

Manfaat dari jeruk nipis selanjutnya yakni dapat mencegah diabetes. Tingginya kadar serat yang terdapat dalam jeruk nipis mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.