Sukses

10 Kegiatan Seru untuk Solo Traveler di Yogyakarta

Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan para solo traveler di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak hanya untuk liburan keluarga, Yogyakarta juga menjadi tempat menyenangkan untuk para solo traveler.

Kota yang dijuluki Kota Gudeg ini memiliki ragam destinasi wisata yang lengkap dan menarik, mulai dari  wisata sejarah, edukasi, alam, belanja, hingga kuliner. Mengutip dari indonesia.travel, berikut beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan para solo traveler di Yogyakarta:

1. Berswafoto di Tugu Jogja

Salah satu landmark ikonis di Yogyakarta adalah Tugu Jogja. Tugu yang berdiri tepat di jantung kota Yogyakarta ini juga kerap disebut Tugu Pal Putih.

Tugu ini merupakan saksi bisu perkembangan Yogyakarta sejak tiga abad lalu. Selain memiliki nilai historis yang kuat, desain tugunya pun sangat unik dengan bagian puncak menyerupai tanduk unicorn.


2. Jalan-jalan di sekitar Malioboro

Tempat ikonis lainnya di Yogyakarta adalah Malioboro. Kamu bisa jalan-jalan di sekitar Malioboro saat sore hari.

Sesekali, kamu juga bisa duduk santai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar sambil menikmati hiruk pikuk jalan raya. Tak lupa, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Yogyakarta yang menggoyang lidah.


 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyelami budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Bagi pencinta budaya nusantara, Museum Ullen Sentalu bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat. Museum yang terletak di lereng Gunung Merapi ini memiliki koleksi peninggalan kerajaan Mataram yang lengkap.


4. Menjajal masangin di Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul (Alun-Alun Selatan) bisa menjadi tempat terbaik untuk mencicipi berbagai kuliner di Yogyakarta. Selain itu, kamu juga bisa menjajal aktivitas populer, yakni ritual masangin.

Masangin adalah kegiatan berjalan melewati dua pohon beringin yang berada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Mitosnya, siapapun yang bisa menaklukan tantangan tersebut, maka mereka adalah orang yang memiliki niat baik dan hati bersih.


5. Menyantap gudeg legendaris di Wijilan

Berjalan-jalan di Yogyakarta, maka wajib menjajal kuliner khasnya yang bernama gudeg. Salah satu sentra gudeg yang terkenal dan legendaris di Yogyakarta adalah Sentra Gudeg Wijilan.


 

3 dari 3 halaman

6. Menikmati panorama sunset di Ratu Boko

Saat menjelang sore, kamu bisa bergeser ke Kabupaten Sleman dengan mengunjungi Ratu Boko, tepatnya di Jalan Piyungan-Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo. Deretan bangunan situs purbakala yang memiliki nilai sejarah ini sekaligus menjadi tempat terbaik menikmati sunset di Yogyakarta.


7. Melepas penat di pantai Gunungkidul

Berlokasi di pesisir selatan Pulau Jawa, membuat Yogyakarta kaya akan koleksi pantai yang indah. Salah satu daerah yang memiliki banyak pantai adalah Gunung Kidul.

Daerah ini dihiasi dengan deretan pantai yang memukau dan saling berdekatan satu sama lain. Kamu bisa menikmati pemandangan, snorkeling, menjajal gondola, hingga menikmati santapan makanan laut yang menggugah selera.


8. Napak tilas di Keraton Yogyakarta

Salah satu spot bersejarah yang sangat terkenal di kalangan wisatawan adalah Keraton Yogyakarta. Para wisatawan kerap melakukan napak tilas di sini.

Ada banyak barang-barang pusaka yang tersimpan apik di dalamnya. Bahkan, Keraton Yogyakarta didaulat sebagai warisan dunia oleh UNESCO.


9. Berfoto di Hutan Pinus Mangunan

Terletak di daerah Bantul, Hutan Pinus Mangunan menjadi destinasi kekinian yang banyak diburu wisatawan. Pepohonan menjulang tinggi, udara sejuk, pemandangan yang memesona, serta spot-spot foto instagramable membuat kawasan ini sukses memikat wisatawan.


10. Belanja murah di Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo menjadi destinasi wajib untuk berburu oleh-oleh khas Yogyakarta. Pasar yang berlokasi di Kawasan Malioboro ini kerap disebut sebagai surganya batik. Tak hanya batik, kamu juga bisa menemukan berbagai suvenir menarik hingga aneka remoh dan bahan jamu.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.