Sukses

Prospek Cuaca Mingguan, BPBD Kalsel Sampaikan Waspada Potensi Banjir

Waspada banjir disampaikan kepada masyarakat Banua, terkait dengan prospek cuaca mingguan di wilayah Kalsel tertanggal 21-27 Februari 2024

Liputan6.com, Banjarbaru Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), R Suria Fadliansyah menyampaikan waspada banjir kepada masyarakat Banua, terkait dengan prospek cuaca mingguan di wilayah Kalsel tertanggal 21-27 Februari 2024.

"Prospek cuaca mingguan ini yang bersumber dari BMKG, kita sampaikan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan," ujar Suria pada media sosial resmi BPBD Kalsel, Rabu (21/02).

Ia menyebutkan jika peringatan dini tersebut dipetakan menjadi tiga informasi tanggal yang berpotensi atas prakiraan cuaca sepekan. Pertama waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 21-23 Februari 2024 yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang/sore hari di hampir seluruh wilayah Kalsel.

Kedua waspada potensi hujan pada tanggal 24 Februari 2024 yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kota/Kabupaten Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Sekitarnya.

Ketiga waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 25 Februari 2024 yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang/sore hari di hampir seluruh wilayah Kalsel.

Peringatan dini dalam pembagian wilayah terdiri dari empat kewilayahan kabupaten/kota, diantaranya wilayah Kalsel bagian Utara yakni Tabalong, Balangan, dan Hulu Sungai Utara (HSU). Bagian Timur, Kotabaru dan Tanah Bumbu. Bagian Selatan Tanah Laut. Kemudian bagian Barat, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin, dan Banjarbaru.

Seluruh wilayah mengalami hujan ringan berpotensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 21-23 Februari 2024, terkecuali bagian Selatan. Sementara pada tanggal 24-27, hujan ringan berpotensi hujan sedang terjadi di seluruh wilayah Banua, Kalsel.

Sementara potensi pasang air laut maksimum, BPBD Kalsel juga menyebutkan jika hal ini diwaspadai, sebab potensi pasang di perairan muara sungai Barito tanggal 21-23 Februari 2024 dapat mencapai 2.6 meter. Diperkirakan terjadi antara pukul 17.00-20.00 Wita.

Kemudian waspada potensi pasang air laut maksimum juga berada di Kabupaten Kotabaru pada tanggal 22-27 Februari 2024 yang mencapai 2.6 meter, diperkirakan terjadi antara pukul 18.00-20.00 Wita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.