Sukses

Waspada Awan Panas Guguran Gunung Karangetang di Sitaro

Pada periode evaluasi tanggal 1-15 Februari 2024 tersebut, kondisi visual tidak teramati adanya kejadian guguran/erupsi efusif.

Liputan6.com, Manado - Warga diminta untuk mewaspadai awan panas guguran Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut. Hal ini disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM.

"Kubah lava lama masih berada di puncak yang sewaktu-waktu dapat rubuh bersamaan dengan keluarnya lava. Karakteristik awan panas guguran Gunung Karangetang terjadi dari penumpukan material lava yang gugur/longsor," kata Kepala PVMBG, Hendra Gunawan dalam laporan evaluasi yang dibagikan Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia P Tatipang dalam grup percakapan 'Info G Karangetang' di Manado, Minggu (18/2/2024).

Pada periode evaluasi tanggal 1-15 Februari 2024 tersebut, kondisi visual tidak teramati adanya kejadian guguran/erupsi efusif.

Dari seismisitas jenis gempa permukaan seperti gempa embusan dan gempa hybrid/fase banyak mendominasi kegempaan gunung di Pulau Siau tersebut.

Kejadian ini merupakan kesetimbangan dari kubah lava di permukaan, katanya.

Dia menambahkan, akumulasi material hasil erupsi efusif yang berada di lembah-lembah jalur luncuran/guguran lava pijar berpotensi menjadi guguran lava ke bagian hilir.

"Hal ini memerlukan kewaspadaan masyarakat yang tinggal di sekitarnya serta masyarakat yang akan melintasi lembah atau sungai tersebut. Selain itu juga perlu diwaspadai terjadinya lahar di waktu hujan di puncak," ujarnya.

Pada Februari 2023, status Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro dinaikkan menjadi siaga setelah terjadi rentetan peningkatan aktivitas vulkanik.

Saat erupsi, material vulkanik yang berada di puncak atau tubuh gunung longsor dan menyebabkan beberapa kali terjadi awan panas guguran, permukiman yang dekat dengan lintasan arah guguran sempat diungsikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.