Sukses

Kementerian BUMN Ajak Generasi Muda Siap Bersaing di Kancah Global

Kementerian BUMN membuka kesempatan luas bagi generasi milenial serta gen Z untuk berkarya dan berkarir di BUMN

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan transformasi BUMN dalam kurun empat tahun terakhir menjadi penyebab mengkilapnya prestasi BUMN Indonesia. Dalam empat tahun ke belakang, Kementerian BUMN menetapkan dan menjalankan 88 proyek strategis yang menjadi target terukur dalam mengelola BUMN sekaligus mendorong kinerja BUMN untuk menjadi semakin baik.

“Sampai saat ini, dari 88 tugas Kementerian BUMN, 79 tugas telah dikerjakan dan harapannya di tahun ini kita akan upayakan untuk segera mencapai ke 100% terlaksana,” kata Arya Sinulingga pada Sharing Session Transformasi 4 Tahun BUMN, “BUMN Future Shapers” di Singapura, Kamis (1/2/2024).

Sharing Session Transformasi 4 Tahun BUMN, memberikan pemahaman tentang transformasi Kementerian BUMN dan menginspirasi generasi muda sekaligus mempererat hubungan BUMN di Singapura. Guna memaparkan hasil dari transformasi yang dijalankan oleh BUMN, kegiatan ini turut menghadirkan sejumlah narasumber yakni Muhamad Resa (Direktur Pertamina International Shipping Singapura).

Selain itu tampak juga perwakilan dari masing-masing BUMN yang memiliki wilayah operasi di Singapura, seperti: BRI, BNI, MIND ID, Garuda Indonesia, dan lain-lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Terbaik Forbes

Pada kesempatan itu, Arya juga mengungkapkan empat BUMN Indonesia bercokol di daftar terbaik Forbes 2022. "Lima strategi prioritas Kementerian BUMN mendorong perusahaan BUMN menjadi world class. Salah satu strategi prioritas itu adalah pengembangan talenta. Sehingga membuka kesempatan luas bagi generasi milenial serta gen Z untuk berkarya dan berkarir di BUMN," ujarnya.

Arya menambahkan, sebanyak lima persen jabatan puncak di perusahaan-perusahaan BUMN dipegang kaum muda. “Kementerian BUMN menargetkan jumlah pemimpin muda bertambah menjadi 10 persen di tahun ini,” ucapnya.

Arya juga menyampaikan bahwa generasi muda harus mempunyai passion dalam berkarier. “Tanpa menumbuhkan passion dalam pekerjaan, maka semua yang dilakukan tidak akan memberikan impact yang maksimal,” tuturnya.

Terobosan dan transformasi BUMN juga terlihat di sektor Pertambangan. Demi menjalankan mandatnya sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, di mana bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, maka BUMN membentuk satu Holding Industri Pertambangan.

Holding tersebut bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau lebih dikenal dengan MIND ID. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, dan program transformasi BUMN.

Tujuan hadirnya Holding BUMN Pertambangan ini, agar lebih memaksimalkan dan mensinergikan seluruh BUMN Tambang yang ada di Indonesia. Sehingga tumbuhnya kolaborasi antara anggota dari Holding Industri Pertambangan ini lebih mudah terwujud, dan manfaatnya lebih bisa dimaksimalkan untuk bangsa Indonesia.

“Hadirnya MIND ID, sebagai Strategic Holding Industri Pertambangan selain memastikan sinergi dan kolaborasi di setiap rantai bisnis antar Anggota Grup MIND ID, juga diharapkan dapat fokus mengembangkan bisnis Hilirisasi,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Heri menambahkan, hilirisasi saat ini menjadi tugas pokok yang wajib dikerjakan MIND ID sebagai induk industri pertambangan milik negara. Selain mampu meningkatkan nilai perekonomian dan pendapatan dari berlipat gandanya nilai produk setengah jadi ataupun produk jadi, hilirisasi dan teknologi terapan mampu meningkatkan nilai komponen pemanfaatan produk lokal serta produk-produk buatan dalam negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.