Sukses

Menteri Sosial Beri Bantuan Pengungsi Longsor di Sukabumi

Menteri Sosial Tri Rismaharini serahkan bantuan tenda dan bahan makanan bagi para pengungsi longsor di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, warga yang mengungsi juga menunggu untuk mendapatkan bantuan hunian tetap.

Liputan6.com, Sukabumi - Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) serahkan bantuan tenda dan bahan pangan bagi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/1/2024).

Pengungsi sebanyak 51 jiwa ini diungsikan di lahan kosong dengan menggunakan tenda darurat yang berjarak 500 meter dari tempat kejadian longsor. Sedikitnya ada 5 tenda besar, dan 2 tenda kecil yang dipersiapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) bagi warga yang akan mengungsi.

“Tadi disampaikan bahwa bukan hanya 12 (rumah) yang berbahaya tapi ada kemungkinan terdampak 50 lagi rumah dan itu masih membutuhkan penelitian apakah masih layak mereka akan tinggal di situ selain 12 yang sudah tertimbun, 69 yah, yang terancam. Jadi kalau itu dibutuhkan penelitian,” ujar Tri Rismaharini.

Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi sudah menyiapkan dapur umum bagi kebutuhan pengungsi makan dan minum. Tak hanya para korban longsor, sedikitnya terdapat 69 rumah yang kini sudah dikosongkan karena statusnya terancam longsoran susulan dari tebing setinggi 15 meter.

“Untuk waktu yang cukup panjang itu maka kita persiapannya itu untuk kesiapan mereka tinggal di tempat sementara. Ini agak panjang, jadi karena itu saya tadi sudah matur sama Pak Sekda, Pak Waka dan Pak Dandim, Kades juga Camat, bahwa kita memang harus persiapkan itu untuk jangka yang panjang supaya saat mereka belum dapat hunian tetapnya maka mereka bisa istirahat dengan nyaman,” jelasnya.

Tenda tersebut dipersiapkan dari Kementerian sosial sambil menunggu hasil kajian relokasi yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi. 

“Sementara untuk keputusan hunian tetap saya gak bisa sampaikan sebetulnya. Karena itu bukan kewenangan Kemensos. Nanti daerah busa diskusi dengan PU atau BNPB,” tuturnya.

Kejadian longsor ini terjadi pada Rabu (24/1/2024) pagi, yang mengakibatkan 12 rumah, dan satu bangunan posyandu serta musala ambruk rata dengan tanah tertimbun material longsor. Bencana ini pun mengancam 69 rumah warga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
    Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

    Sukabumi

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Kemensos atau Kementerian Sosial adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial.

    kemensos

  • Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.
    Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

    Tri Rismaharini

Video Terkini