Sukses

Selamat Ulang Tahun ke-14! Ini Perjalanan CNBLUE di Industri Musik

Awalnya, CNBLUE debut dengan empat anggota, yaitu Jung Yong Hwa, Lee Jong Hyun, Kwon Kwang Jin, dan Kang Min Hyuk. Namun baru satu bulan debut, Kwon Kwang Jin hengkang pada September 2009 dan diganti oleh Lee Jungshin.

Liputan6.com, Yogyakarta - Band indie rock papan atas asal Korea Selatan, CNBLUE, akan memasuki tahun ke-14 pada 14 Januari 2024. Sudah satu dekade lebih bermusik, hingga kini CNBLUE masih memiliki basis penggemar yang cukup besar.

Perjalanan karier CNBLUE sebenarnya dimulai pada Agustus 2009. Saat itu, CNBLUE debut di Jepang dengan merilis mini album bertajuk Now or Never.

Awalnya, CNBLUE debut dengan empat anggota, yaitu Jung Yong Hwa, Lee Jong Hyun, Kwon Kwang Jin, dan Kang Min Hyuk. Namun baru satu bulan debut, Kwon Kwang Jin hengkang pada September 2009 dan diganti oleh Lee Jungshin.

Selanjutnya, pada 14 Januari 2010, CNBLUE resmi debut di Korea Selatan dengan merilis mini album bertajuk Bluetory. Sehari setelahnya, CNBLUE tampil di KBS Music Bank.

Pada 19 Mei 2010, CNBLUE merilis mini album kedua bertajuk Bluelove yang mendulang kesuksesan. Single berjudul Love sukses menempati tempat pertama dalam MCountdown dan Inkigayo.

Pada 2011, CNBLUE merilis full album bertajuk First Step dengan single utama Intuition. Album ini terbilang cukup sukses karena kurang dari 24 jam sejak dirilis, abum ini berhasil memuncaki berbagai tangga lagu, salah satunya Melon.

Kesuksesan CNBLUE membawa mereka tampil di panggung internasional di Amerika, di Los Angeles' Nokia Theater pada 2012. Mereka tampil bersama band Korea Selatan lainnya, F.T. Island.

Pada tahun yang sama, CNBLUE merilis mini album ketiga bertajuk EAR FUN dengan lagu utama Hey You. Satu tahun setelahnya, mini album keempat bertajuk Re:Blue dirilis. Sepanjang 2014-2017, CNBLUE masih sangat produktif dengan menelurkan beberapa mini album dan full album, yaitu Can' Stop (2014), 2gether (2015), BLUEMING (2016), dan 7ºCN' (2017).

Pada Maret 2018, Jung Yong Hwa menjadi personel CNBLUE pertama yang menjalani wamil. Empat bulan setelahnya, Kang Min Hyuk dan Lee Jung Shin juga mulai menjalani wamil dan disusul oleh Lee Jong Hyun satu bulan setelahnya.

Pada 2019, Lee Jong Hyun memutuskan hengkang dari CNBLUE karena diketahui mengirimkan pesan tak pantas kepada seorang YouTuber. Melalui agensinya, FNC Entertainment, Lee Jong Hyun mengungkapkan permintaan maaf sekaligus menyatakan pengunduran dirinya dari CNBLUE.

CNBLUE kemudian melanjutkan karier bersama tiga personel yang masih tersisa. Usai wamil, CNBLUE comeback dengan formasi tersebut melalui album Re-Code yang dirilis pada 17 November 2020.

Selanjutnya, CNBLUE masih terus produktif dengan merilis album WANTED (2021), TRIGGER (2022), dan PLEASURES (2023). Pada 14 Januari 2024, CNBLUE akan merayakan debutnya yang ke-14.

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.