Sukses

Nataru, Pelindo Bersiap Hadapi Cuaca Buruk dan Ancaman Covid

Koordinasi dengan BMKG menjadi langkah krusial.

Liputan6.com, Makassar - Jelang Natal dan pergantian tahun baru (Nataru) 2023-2024, Pelindo Regional IV Makassar yang mengelola pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI), meningkatkan kualitas pelayanan arus bongkar muat penumpang dan barang. 

Head Division Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M Palesang mengatakan, dalam posko Nataru 2023 yang sudah berjalan, pihaknya melibatkan pihak BMKG melalui informasi proyeksi tentang metereologi, klimatologi dan geofisika, utamanya informasi cuaca ekstrim. 

"Tujuannya mengantisipasi keluhan masyarakat terhadap cuaca ekstrim. Termasuk jika perubahan waktu dalam arus bongkar muat oleh cuaca ekstrim. Sejauh ini juga kami sudah menyiapkan skema dan skenario relayasa. Seperti buka tenda dan berkolaborasi dengan pihak lain di area posko di wilayah kepelabuhanan," kata Yusida M Palesang, dalam acara coffee morning Pelindo IV di Makassar, Rabu 20 Desember 2023.

Arus penumpang saat ini terus meningkat hingga 23 persen pada musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pada Nataru 2022, jumlah penumpang mengalami pertumbuhan 163,04 persen dibanding tahun sebelumnya yaitu dari 422.494 orang, menjadi 688.831 orang.

Sementara dari sisi arus kunjungan atau call kapal, lanjut dia, Pelindo Regional 4 mencatat pertumbuhan sebesar 100,41 persen pada musim Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni dari 967 call menjadi 971 call kapal.

Mencermati kondisi pergerakan arus penumpang pada masa kondisi normal baru, Yusida optimis pada musim mudik Natal tahun ini, Pelindo Regional 4 bisa meraup pertumbuhan yang lebih baik lagi.

"Semoga prediksi peningkatan presentasi tahun ini, baik untuk penumpang maupun call kapal bisa tercapai sesuai yang diharapkan bersama,” katanya.

Kondisi tersebut, karena akan berbeda dengan pada masa COVID-19 dengan adanya pembatasan mobilitas, sehingga arus mudik juga terbatas.

Head Pelindo Regional 4 Enriany Muis  mengatakan, rute "gemuk" yang menjadi tujuan utama dari para penumpang mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah Kendari, Manado dan Papua.

"Jadi, sebagian besar tujuan ke Timur baik untuk mudik Natal, Tahun Baru maupun pada musim libur sekolah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini