Sukses

67 Pereli Bersaing Adu Cepat di Grand Final APRC Danau Toba, Ijeck Kejar Juara Nasional

Sebanyak 67 pereli dari beberapa negara Asia siap bersaing di Grand Final Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023. Sebagai pembalap tuan rumah, Musa Rajekshah mengincar kemenangan untuk menjadi juara nasional.

Liputan6.com, Toba Sebanyak 67 pereli dari beberapa negara Asia siap bersaing di Grand Final Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023. Sebagai pembalap tuan rumah, Musa Rajekshah mengincar kemenangan untuk menjadi juara nasional.

"Saat ini saya memang kejar-kejaran poin untuk jadi juara nasional, strateginya apa? Ya gas saja. Saya memang berharap bisa juara nasional tahun ini," ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini saat Konferensi Pers Grand Final Danau Toba APRC 2023 di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Jumat (24/11/2023).

"Mudah-mudahan pada reli ini bisa dapat poin dan juara nasional. Mudah-mudahan aman semua," sambungnya.

Ijeck mengaku kejar-kejaran poin dengan pereli DKI pasangan H Rahmat atau akrab dipanggil Ame dengan Hade Mboi dari Tim LFN Sederhana Motorsport yang sebelumnya menguasai seri III Kejurnas Rally pada September 2023 lalu.

"Sekarang ini poin terdekat saya dan Ame. Kalau saya bisa posisi pertama, Ame di posisi ketiga maka saya berpeluang juara nasional," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semua Kemungkinan Bisa Terjadi

Dikatakan Ijeck, apapun itu, di reli dan olahraga lain, semua kemungkinan bisa terjadi. Sebab, manusi punya rencana, Allah yang menentukan.

"Tapi jura nasional ini memang mimpi yang sudah lama, mudah-mudahan bisa terwujud," harap Ijeck.

Usai temu pers, Ijeck dan pembalap lainnya melanjutkan opening ceremony di lokasi yang sama dan dilanjutkan dengan Leg I atau Super SS.

3 dari 4 halaman

Dihadiri Bambang Soesatyo

Hadir dalam pembukaan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, PJ Gubernur Sumut Hassanudin, Chief Stewart FIA Mr Wayne Scoot, APRC President Mr Vicky Chandok, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution.

Pembalap senior Ricardo Gelael dan anaknya Sean Gelael juga turut hadir di semua sesi. Ada juga Pembalap asal Selandia Baru Mike Young, Pembalap asal Thailand Mana Pornsiricherd, Ryan Nirwan, Rifat Sungkar dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Bagi Wisatawan

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, fasilitas untuk event ini bakal lebih baik. Dengan begitu, akan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan untuk event yang lebih besar.

"Tahun depan fasilitasnya lebih baik, jalan, ada hotel yang sedang dibangun saat ini, mudah-mudahan tahun depan kita jadi tuan rumah WRC (World Rally Championship)," kata Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI ini.

Berdasarkan keterangan Ketua Panitia Harun Mustafa, Danau Toba APRC 2023 diikuti pembalap  top Asia Pasifik termasuk Indonesia. Dari Indonesia ada Sean Galael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa dan juga mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

"Awalnya kuota hanya 60 peserta, tetapi teman-teman dari Jakarta sudah bawa perlengkapan sehingga jadi 67," kata Harun Mustafa.

Grand Final Danau Toba APRC 2023 akan berlangsung selama 3 hari, dari 24-26 November. Selain APRC, pada kesempatan ini juga diselenggarakan IMI National Rally Championship putaran ke-4 yang diikuti pembalap-pembalap nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.