Sukses

Keindahan Danau Toba dan Persiapan IMI Sumut Menuju WRC Tuai Pujian Presiden APRC

Keindahan Danau Toba dan persiapan panitia, dalam hal ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara (Sumut) mempersiapkan gelaran APRC Asia Rally Cup 2023, tuai pujian.

Liputan6.com, Toba Keindahan Danau Toba dan persiapan panitia, dalam hal ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara (Sumut) mempersiapkan gelaran APRC Asia Rally Cup 2023, tuai pujian.

Pujian dilontarkan Presiden Federation Internationale de I'Automobile (FIA) Asia Pasific Rally Championship (APRC) Vicky Chandhok.

Vicky Chandhok menyampaikan pujian usai menghadiri Opening Ceremony APRC Asia Rally Cup 2023 di Kaldera Toba Nomadic Escape, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Jumat, 22 September 2023.

"Saya pertama kali datang ke sini (Kaldera Toba Nomadic Escape). Semuanya semakin baik, dan saya pikir ini vanue yang luar biasa untuk penyelenggaraan WRC mendatang. Pemandangan fantastis, sangat indah," ujarnya didampingi FIA Chief Steward Wayne Scott.

Vicky Chandhok yang juga observer FIA menilai, kesiapan panitia dalam menyelenggarakan kejuraan reli di Danau Toba semakin baik.

"Saya menilai kru dalam mempersiapkan segala hal semakin baik dari sebelumnya," Vicky Chandhok mengungkapkan.

Vicky Chandhok juga mengapresiasi, karena setiap tahun semakin ramai pabrikan yang ikut terlibat, menandai kembali bergairahnya dunia reli di Indonesia.

"Ada mobil baru tiap tahun yang ikut. Saya harap panitia terus semangat, karena semakin banyak pabrikan yang ikut seperti Skoda, Ford, Suzuki, Mitsubishi, Toyota, Honda dan lainnya," sebutnya.

Dia juga menilai rute-rute yang telah dilengkapi fasilitas mumpuni, diantaranya tersedianya radio points, dengan safety-nya yang bagus dan komunikasi yang baik melalui radio maupun manual tracking.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Terus Selenggarakan Reli

Dewan Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah, dan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, menyampaikan komitmennya untuk terus menyelenggaraan kejuraan reli di Sumut.

Tujuannya untuk mendukung promosi kegiatan otomotif dengan memperkenalkan Geopark Kaldera Toba yang merupakan anggota UNESCO Global Geopark.

"APRC Asia Cup ini sengaja kami buat opening ceremonynya di Kaldera Toba Nomadic Escape, karena menawarkan view Danau Toba yang begitu indah, banyak peserta reli selama ini datang ke Parapat tapi banyak yang belum mengetahui Kaldera," kata Ijeck, sapaan Musa Rajekshah.

"Semoga setelah ini semakin banyak yang mengetahui lokasi ini, datang berkunjung dan kita harap juga datang investor-investor baru untuk pengembangan Danau Toba ini lebih baik lagi," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Kunci Sukses Hadirkan WRC

Harun Mustafa Nasution menyampaikan, IMI terus mempersiapkan segala hal lebih baik lagi, khususnya pada gelaran APRC seri penutup atau grand final di November mendatang. Kesuksesan ini juga akan menjadi kunci kesuksesan WRC mendatang.

"Kita telamenjadi kandidat tuan rumah WRC, semaksimal mungkin apa yang dibutuhkan kita siapkan, karena ada aturan-aturan yang harus diikuti. Itu kita terus berupaya penuhi semaksimal mungkin," ucapnya.

Dikatakan Harun, pada APRC seri penutup mendatang peserta akan semakin bertambah.

"Pastinya nambah, karena dari beberapa negara sudah mendaftar diantaranya dari Jepang, New Zealand, India, Australia," Harun menandaskan.

APRC Asia Rally Cup diawasi oleh Vicky Chandhok dan Jefrey JP sebagai Steward Nasional.

Seluruh peserta akan melalui 9 Trayek Khusus (Special Stage) yang berada di areal HTI Aek Nauli PT. Toba Pulp Lestari, Kabupaten Simalungun dan berakhir pada siang hari Minggu, 24 September 2023 dengan total jarak tempuh 293,61 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.