Sukses

Kisah Inspiratif Uria Van Den Berg, Model Asal Samarinda yang Berkarier di Jerman

Pada 2013, Uria mengambil keputusan penting dalam hidupnya ketika ia memutuskan pindah ke Jerman dan belajar bahasa Jerman

Liputan6.com, Samarinda - Kisah inspiratif model Uria Van Den Berg sangat menarik dan layak untuk dijadikan motivasi bagi generasi muda agar jangan mudah menyerah dengan keadaan atau ekonomi keluarga, dan omongan orang. Keberaniannya meninggalkan kampung halaman di Kalimantan Timur untuk pindah ke Jerman demi mengejar mimpi-mimpi yang  besar akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan, dan menjadi kebanggaan tersendiri dan orang tuanya.

Model cantik yang memiliki nama asli Muri Sartina itu kini telah menetap dan bekerja sebagai sekretaris Pribadi di Jerman. Di sela-sela  kesibukannya, perempuan kelahiran Samarinda 20 Februari 1989 itu juga menjalani hobi dan karier sampingan sebagai freelance  model.

Sbelum hijrah ke Jerman, ia sempat membangun kariernya di dunia entertaiment sejak 2006 sampai 2011.  Minat dan bakatnya yang kuat di bidang modelling membuat ia sering mengikuti berbagai acara fashion show di  tingkat provinsi atau antar kota di Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu saja, Uria juga pernah mengikuti kontes dan pemilihan Duta Pariwisata dan Duta anti Narkoba. Menurutnya, dengan mengikuti pemilihan tersebut ia ingin menunjukkan dedikasi bagi masyarakat khususnya dalam memerangi penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda.

Pada 2013, Uria mengambil keputusan penting dalam hidupnya ketika ia memutuskan pindah ke Jerman dan belajar bahasa Jerman di negara Panzer itu, selama kurang lebih empat tahun.

“Saya diundang oleh kekasih saya untuk tinggal di Jerman karena dia tidak bisa melakukan hubungan jarak jauh dan saya pun memutuskan untuk pindah Ke Jerman,” ujar Uria.

Setelah beberapa tahun berjuang untuk menyesuaikan dan menyelesaikan persyaratan negara dan dokumen untuk bekerja di Jerman, Uria  akhirnya bisa menemukan pekerjaan yang menjadi impiannya. Perempuan yang punya hobby bermain badminton, bola voli dan ngegym ini, mengaku bangga karena bisa  berkarier dan mendapatkan pekerjaan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Baginya, bekerja sebagai sekretaris pribadi itu sangatlah menarik.Banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan, apalagi saya harus bekerja dengan menggunakan bahasa asing, bekerja dengan logika orang barat, disiplin mereka yang luar biasa, dan ia juga bisa traveling dengan pelayanan yang eksklusif dengan bos saya.

“Ada kebanggaan tersendiri bisa sampai di titik ini. Karena di Indonesia, belum tentu saya diberikan rejeki yang seperti ini. Tetapi di Jerman, Tuhan memberikan saya rejeki dan karier yang luar biasa. Puji Tuhan,” ucapnya.

Perempuan pemilik akun Instagram @uria_van_den_berg dan akun Tiktok @uriavandenberg89

ini berharap perjalanan kariernya ke depan akan terus berkembang.  Uria berpesan, semoga perjalanan karier dan hidupnya di Jerman dapat menginspirasi generasi muda dalam menggapai cita cita atau mimpi-mimpi dalam hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.