Sukses

5 Objek Wisata di Sumatera Barat yang Mirip Luar Negeri

Sumatera Barat tak pernah ingkar janji soal alamnya yang memukau.

Liputan6.com, Padang - Berbicara tentang Sumatera Barat tentu tidak akan ada habisnya, mulai dari kulinernya yang lezat, adat istiadatnya hingga deretan wisata alamnya yang Indah.

Untuk wisata alam, di Ranah Minang terdapat beberapa objek wisata alam yang sering disebut-sebut sebagai objek wisata yang mirip dengan luar negeri.

Bagi Anda yang ingin keluar negeri, tetapi belum tercapai karena biayanya yang mahal, maka tidak ada salahnya datang ke Sumatera Barat terlebih dahulu.

Berikut 5 wisata alam di Sumatera Barat mirip luar negeri yang cocok dikunjungi sebelum penghujung tahun 2023 ini.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jam Gadang Mirip Big Ben di London

Jam Gadang yang juga ikonnya Kota Bukittinggi sering disebut mirip dengan Big Ben, London. Objek wisata ini memiliki empat buah jam yang ukuran masing-masing mencapai 80 sentimeter dengan tinggi menara 26 meter, yang mesinnya didatangkan langsung dari Belanda buatan Jerman.

Jam Gadang dibangun pada masa pemerintan Belanda pada 1926 silam. Meskipun terbilang tua, tetapi arsitektur Jam Gadang masih berdiri kokoh dan terlihat cantik di jantung Kota Bukittinggi.

Dari menara jam gadang ini kita bisa menyaksikan hamparan daerah Bukittinggi yang dihiasi rumah-rumah di perbukitan, akan tetapi tidak sembarang orang yang bisa naik menuju ke puncak menara demi menjaga keselamatan pengunjung hingga Jam Gadang.

Jam ini didominasi oleh warna dengan nuasa putih dan pagar warna hitam. Apabila kamu berkunjung pada malam hari, keindahan yang ditawarkan di kawasan Jam Gadang akan semakin cantik dengan adanya air mancur warna-warni yang dihidupkan selama 2 jam dalam satu hari, mulai pukul 19.00-21.00 Waktu Indonesia Barat.

 

 

3 dari 6 halaman

Janjang Seribu Mirip Tembok Cina

Janjang Saribu ini merupakan sebuah objek wisata yang berada di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tangga ini memiliki panjang kurang lebih 780 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter dengan temboknya yang terbuat dari beton.

Tembok tersebut sering disebut-sebut menyerupai 7 keajaiban dunia yang ada di China yaitu Great Wall of China. Apabila Anda mendatangi tempat ini maka akan disuguhkan dengan hamparan perbukitan dengan pemandangan hijau sisi kiri dan kanannya.

 

 

4 dari 6 halaman

Lembah Harau Mirip Lembah Yosmite

Lembah Harau merupakan objek wisata alam yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang berbentuk tebing-tebing batu di perbukitan yang menjulang tinggi kurang lebih 400 meter. Keeksotisan tebing Lembah Harau ini semakin indah dengan adanya beberapa buah air terjun yang terdapat di lokasi.

Udara yang sejuk dan keindahan alamnya mampu menyejukkan suasan hati siapa saja yang datang ke tempat ini. Lembah Harau memiliki julukan Yosemite Indonesia, karena wilayahnya yang mirip dengan Taman Nasional Yosemite yang berada di California, Amerika Serikat.

Di kawasan lembah harau ini juga terdapat objek wisata yaitu kampung Eropa, Korea-Jepang serta Secret Garden yang dikelola pihak swasta sehingga akan semakin memberikan sensasi seolah-olah kamu memang sedang berada di luar negeri.

 

 

5 dari 6 halaman

Ngarai Sianok Mirip Grand Canyon

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Tempat ini memiliki kemiripan dengan Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat, maka sudah hal yang tidak asing lagi jika Ngarai Sianok ini disebut sebagai Grand Canyon ala Indonesia.

Aliran sungai lebar yang dangkal di Lembah Ngarai Sianok juga semakin menambah syahdunya suasana alam di ranah minang tersebut.

6 dari 6 halaman

Pantai di Mentawai Mirip Hawai

Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah objek wisata yang cukup populer, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal saja tetapi juga mancanegera.

Keindahan Pantai di Mentawai dengan pasir yang putih membuat pantai ini sering disebut mirip dengan Hawai, negara bagian Amerika Serikat. Pantai ini dijadikan sebagai tempat bagi wisatawan pecinta surfing.

Selain menyaksikan indahnya pantai, di Mentawai Anda juga dapat sekaligus merasakan keramah-tamahan penduduk lokal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.