Sukses

Pusat Layanan Kesehatan Anak Terintegrasi di Palembang

Sumsel termasuk dalam tiga besar provinsi terbaik yang menurunkan angka stunting pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Grup RS Siloam kini memiliki Palembang Integrated Child Center (PICC) di RS Siloam Sriwijaya. Klinik ini menyediakan layanan kesehatan khusus anak yang terintegrasi dalam satu area dan didukung oleh berbagai dokter spesialis anak termasuk spesialis kedokteran gigi serta layanan fisioterapi, laboratorium, dan farmasi atau obat-obatan untuk anak.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri tahun 2021, jumlah penduduk Sumatera Selatan (Sumsel) berjumlah 8,49 juta jiwa, dengan 2,22 juta jiwa atau sekitar 26 persen adalah penduduk anak-anak dengan usia 0-14 tahun. 

Sementara data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menunjukkan, anak-anak dengan usia 0-14 tahun rentan mengalami masalah tumbuh kembang, salah satunya adalah stunting. Stunting merupakan permasalahan nasional kesehatan anak yang menjadi prioritas pemerintah untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia di masa depan. 

Sumsel termasuk dalam tiga besar provinsi terbaik yang menurunkan angka stunting pada 2022, yaitu sebesar 6.2 persen. Meskipun demikian, penurunan angka stunting yang di tahun 2023 dan 2024 tetap menjadi salah satu fokus Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel untuk mendukung penurunan angka stunting nasional mejadi 14 persen di tahun 2024.

Oleh sebab itu, RS Siloam Sriwijaya meluncurkan pusat layanan kesehatan anak terintegrasi yang diberinama PICC.

Kebutuhan kesehatan antara pasien dewasa dan anak tentunya berbeda, untuk itulah klinik ini khusus menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh anak, antara lain klinik tumbuh kembang, klinik rehabilitasi medis, terapi wicara dan okupasi, serta klinik psikologi dan akupunktur. 

Layanan medis ini juga didukung oleh 17 dokter spesialis anak dan sub-spesialis, termasuk spesialis urologi dan andrologi yang akan berkolaborasi untuk penanganan sakit pada anak. 

Managing Director Grup RS Siloam, Caroline Riady, mengatakan RS Siloam Sriwijaya merupakan wujud komitmen Grup RS Siloam untuk menyediakan layanan kesehatan terpadu untuk seluruh individu, termasuk anak. 

"Perlu kita pahami bahwa anak bukanlah miniatur orang dewasa, namun anak merupakan satu individu unik yang memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan serta kebutuhan yang berbeda satu dengan yang lain," ujarnya.

Mulai dari jenis terapi, pengobatan, pelayanan, hingga keterampilan staf medis, semuanya dapat berbeda dengan pelayanan untuk orang dewasa. Dengan kehadiran PICC, kami berharap dapat menyediakan pelayanan medis berkelanjutan bagi anak yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Grup RS Siloam mengoperasikan empat rumah sakit di pulau Sumatera, di antaranya adalah RS Siloam Sriwijaya di Palembang, RS Siloam Lubuklinggau, RS Siloam Jambi, dan RS Siloam Medan. Salah satu layanan unggulan di RS Siloam Sriwijaya adalah layanan ibu dan anak. Dengan visi untuk menyediakan continuum of care, RS Siloam Sriwijaya menyediakan fasilitas yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pasien ibu dan anak.

Pasien yang sudah cukup lama menantikan kehadiran buah hati dapat berkonsultasi dengan dokter ahli di klinik BlastulaIVF RS Siloam Sriwijaya yang merupakan pusat fertilitas pertama di Sumatera Selatan dan pertama di Grup RS Siloam dan telah menghasilkan lebih dari 300 kehamilan sejak dibuka pada Mei 2021. 

Pada klinik ini juga tersedia fasilitas seperti intra uterine insemination, fertility preservation, reproduction treatment, serta hormonal and DNA tests untuk pelayanan yang lebih komprehensif.

Untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, RS Siloam Sriwijaya menyediakan program NEST, yaitu layanan program kehamilan komprehensif bagi calon orang tua, sehingga mereka mendapatkan pelayanan, pendampingan, dan perawatan terbaik untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati. 

Program ini didukung oleh tenaga medis terdedikasi yang hadir untuk membantu kehidupan baru orang tua mulai dari perencanaan kehamilan, selama masa kehamilan, persalinan, hingga pasca persalinan. Untuk melengkapi pelayanan kesehatan ibu dan anak, RS Siloam Sriwijaya juga membuka PICC untuk melayani berbagai kebutuhan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini