Sukses

Dampak Gempa Bantul di Trenggalek, Musala dan Rumah Warga Rusak

Satu unit bangunan rumah warga dan satu unit bangunan musala di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dilaporkan rusak terdampak gempa magnitudo 6,4 yang berpusat 86 km barat daya Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada kedalaman 25 km bawah laut

Liputan6.com, Trenggalek - Satu unit bangunan rumah warga dan satu unit bangunan musala di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dilaporkan rusak terdampak gempa magnitudo 6,4 yang berpusat 86 km barat daya Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada kedalaman 25 km bawah laut tersebut.

"Laporan sementara yang masuk ke kami ada dua bangunan rusak dan dua unit sepeda motor (rusak)," kata Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Triadi Atmono di Trenggalek, Sabtu.

Bangunan rumah warga yang rusak, kata dia, dilaporkan terjadi di wilayah Kecamatan Gandusari, tepatnya di Desa Wonoanti.

Kerusakan pada bangunan milik warga atas nama Sudarmi ini tergolong parah, karena atap bangunan utama roboh dan menimpa properti dan aset rumah tangga yang ada di bawahnya.

Selain rumah, sebuah mushala di RT 33/RW 07 Dusun Jagul Desa Siki Kecamatan Dongko mengalami kerusakan. Sebagian genteng hingga plafon mushala itu jatuh hingga menyebabkan kerugian kurang lebih Rp1,5 juta.

Triadi menyebut pihaknya bersama petugas lainnya telah mendatangi lokasi terdampak dan melakukan identifikasi di lapangan. "Sudah kami lakukan pendataan," ujarnya.

Dalam rilis BMKG, gempa bumi yang getarannya dirasakan cukup kuat hingga di Trenggalek itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang berpusat di kedalaman 25 kilometer bawah laut, berjarak sekitar 86 kilometer arah barat daya Kabupaten Bantul Yogyakarta itu terasa kuat di Kabupaten Trenggalek maupun kabupaten/kota lain sekitarnya hingga wilayah Malang.

Banyak warga yang memilih berhamburan keluar karena panik. Warga berangsur tenang setelah gempa yang mengguncang kurang-lebih 30 detik itu mereda.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.