Sukses

Hari Raya Idul Adha Muhammadiyah Dilaksanakan Hari ini, Berikut Makna Idul Adha

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu perayaan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, adapun perayaan ini guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Bandung - Hari ini, Rabu (28/6/2023), umat muslim Muhammadiyah tengah merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Perayaan ini telah resmi ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam keputusan maklumat tertulis nomor 1/MLM/1.0/E/2023.

Hari Raya Idul Adha Muhammadiyah sendiri ditentukan berdasarkan dari hasil hisab hakiki wujudul hilal. Metode ini menitikberatkan pada posisi geometris benda langit sehingga hari ini Hari Raya Idul Adha dilangsungkan berbeda dengan Idul Adha pemerintah.

Ucapan selamat turut diutarakan oleh akun Twitter resmi Muhammadiyah pada Rabu pagi yang kini turut di retweet oleh pengguna lain. Adapun kolom reply turut dipenuhi dengan ucapan dari para warganet.

Selamat Iduladha 1444 Semoga sebagai Muslim kita selalu mendapatkan keberkahan & selalu  menjadi orang murah hati serta saling berbagi,” tulis akun @muhammadiyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Hari Raya Idul Adha

Seperti kita ketahui, perayaan Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Zulhijah atau dikenal juga sebagai Hari Raya Haji. Idul Adha menjadi salah satu hari raya yang dinantikan oleh umat muslim diseluruh dunia.

Melansir dari situs Kemenag, Idul Adha disebut hari raya haji karena para umat muslim menunaikan ibadah haji dan melaksanakan wukuf di Arafah. Adapun para umat muslim yang pergi haji mengenakan pakaian serba putih dan tidak berjahit.

Hal tersebut melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, serta memiliki tatanan nilai yaitu persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Sehingga, tidak ada yang dibedakan di antara mereka dan semuanya sederajat sama-sama mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Adapun Idul Adha juga dikenal sebagai Idul Qurban yaitu Allah memberikan kesempatan untuk kita agar dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Sehingga, umat muslim yang belum mampu melaksanakan perjalanan haji mendapatkan kesempatan untuk berkurban.

Berkurban di sini adalah menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan serta kecintaan kita kepada Allah SWT. Sehingga, Hari Raya Idul Adha mempunyai makna mendalam bagi umat muslim, salah satunya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.