Sukses

Kenalan Yuk Sama Novak Djokovic, Pemenang French Open 2023

Sampai saat ini, Novac Djokovic sudah 23 kali menjadi juara level Grand Slam. Sementara langganan juara French Open, Rafael Nadal yang memiliki 22 gelar Grand Slam.

Liputan6.com, Jakarta - Petenis Novak Djokovic berhasil membawa pulang piala French Open 2023 dan membuatnya menjadi petenis putra dengan gelar Grand Slam terbanyak di dunia. Yuk intip beberapa fakta menarik tentang petenis asal Serbia ini.

Pada final French Open 2023 yang berlangsung Senin (12/6/2023) dini hari itu, Djokovic menang tiga game langsung atas Casper Ruud. Inilah yang membuatnya menorehkan dua rekor dahsyat dan mengalahkan Rafael Nadal.

Sampai saat ini, Novac Djokovic sudah 23 kali menjadi juara level Grand Slam. Sementara langganan juara French Open, Rafael Nadal yang memiliki 22 gelar Grand Slam. Tahun ini, Nadal absen di French Open 2023 karena mengalami cidera.

Seperti apa sosok petenis yang satu ini? Yuk simak berbagai fakta menarik tentang Novak Djokovic yang dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Fakta Menarik Novak Djokovic

1. Mulai Memegang Raket Sejak Balita

Novak Djokovic mencengkeram Raket Tenis untuk pertama kalinya ketika dia baru berusia empat tahun. Raket itu dibawa oleh ayahnya.

2. Dilatih Pelatih Monika Seles

Pada tahun 1993, dia ditemukan oleh pemain tenis Yugoslavia Jelena Gencic. Dia memuji Djokovic yang berusia 6 tahun sebagai talenta terbesar yang pernah dilihatnya sejak Monika Seles.

Selama 6 tahun, dia melatih Djokovic dan saat berusia 13 tahun, dia pergi ke Pilic Academy di Munich, Jerman, untuk mengejar tingkat kompetisi yang lebih tinggi. Djokovic memulai karir internasionalnya pada usia 14 tahun.

3. Langganan Juara

Pada tahun 2001, pada usia 14 tahun, Djokovic memenangkan juara Eropa tiga kali dalam kompetisi tunggal, ganda, dan beregu. Dia juga berhasil membawa pulang medali perak di Kejuaraan Junior Dunia untuk Yugoslavia.

4. Karier Slam

Setelah memenangkan Prancis Terbuka pada tahun 2016, ia menjadi satu-satunya pemain Tenis Tunggal Putra setelah Lord Laver yang memenangkan "Career Slam" dalam sejarah.

5. Mimpi Buruk bagi Lawan

Djokovic adalah salah satu dari empat pemain yang mengalahkan Roger Federer tiga kali dalam satu tahun.

Selain itu, dia juga satu dari hanya dua pemain yang mengalahkan Roger Federer dan Rafael Nadal di Grand Slam dalam pertandingan berturut-turut. Djokovic adalah satu-satunya pemain yang mengalahkan Federer dan Nadal di turnamen yang sama dalam tiga kesempatan berbeda.

 

6. Menikah dengan Teman Masa Kecilnya

Dia bertemu calon istrinya, Jelena Ristic, saat SMA. Pada 10 Juli 2014, pasangan tersebut menikah, dan kini memiliki seorang bayi laki-laki bernama Stefan.

7. Multibahasa

Djokovic fasih berbicara beberapa bahasa seperti bahasa Serbia, Italia, Jerman, dan Inggris.

8. Pemerhati Kesejahteraan Anak

Pada tahun 2007, Djokovic meluncurkan “Yayasan Novak Djokovic” untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung, memberikan dukungan keuangan kepada beberapa anak kecil di Serbia, dukungan kepada anak-anak yang kehilangan orang tuanya dalam perang, dan mendanai biara dan gereja Serbia.

9. Terkenal Sebagai Peniruan Identitas

Dia bisa meniru bintang olahraga seperti Maria Sharapova, Andre Agassi, dan masih banyak lagi.

10. Punya Alergi

Novak Djokovic tidak toleran terhadap gluten.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.