Sukses

BPSDM Kemendagri Gandeng Gandeng ESQ Gelar Rakornas Transformasi ASN Ber-AKHLAK

BPSDM Kemendagri menggelar Rakornas Tahun 2023 dengan menggandeng pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian guna memaparkan mengenai transformasi ASN Ber-AKHLAK.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2023 dengan menggandeng pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian guna memaparkan mengenai transformasi ASN Ber-AKHLAK.

Dalam pemaparannya, Ary menegaskan bahwa dalam rangka membangun percepatan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN), BPSDM Kemendagri seharusnya tidak hanya bicara soal anggaran atau sistem, namun merancang tentang kualitas ASN agar memiliki core values Ber-AKHLAK.

"BPSDM jangan hanya bicara soal strategi, anggaran, sistem, namun bicara mengenai ASN adalah bicara manusia-manusianya. Berbicara mengenai manusia sesungguhnya bicara tentang perilaku manusia, maka dari itu presiden RI meluncurkan core values Ber-AKHLAK," ujar Ary melalui siaran pers, Selasa (6/6/2023).

Ber-AKHLAK adalah Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Apalagi, menurutnya, pada kondisi saat ini yang sedang mengalami guncangan VUCA yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity, sehingga perubahan terjadi begitu cepat, kehidupan penuh dengan ketidakpastian, dan aturan yang dibuat begitu banyak sehingga menjadi kompleks serta penuh ambigu.

Diperlukan fondasi yang kokoh untuk mempertahankan ASN dan Indonesia guna mencapai visi Indonesia Emas 2045, yaitu dengan memiliki core purpose (tujuan-tujuan dasar) dan core values (nilai-nilai dasar).

“Yang kita butuhkan SDM yang agility, sanggup menghadapi berbagai perubahan. Change agility, mental agility, people agility, learning agility, dan result agility,” pungkas Ary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.